Selasa 21 Aug 2018 22:56 WIB

Muslim di Sebagian Belahan Dunia Rayakan Idul Adha

Mereka berkumpul di masjid-masjid atau lapangan luas untuk merayakannya.

Warga muslim Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha di Lebanon, Selasa (21/8).
Foto: Dok Istimewa
Warga muslim Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha di Lebanon, Selasa (21/8).

REPUBLIKA.CO.ID, Umat Islam di seluruh dunia memeringati Idul Adha pada Selasa (21/8). Mereka berkumpul di masjid-masjid atau lapangan luas untuk merayakan salah satu hari raya terpenting dalam kalender Islam itu.

Dengan mengingat ketaatan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan anaknya atas perintah Allah SWT, para warga Muslim menandai hari raya itu dengan menyembelih hewan kurban, seperti domba dan kambing. Dagingnya kemudian dibagi-bagikan kepada para mustahik, seperti kaum papa, serta keluarga dan handai taulan.

Para warga Palestina, misalnya, mendatangi sebuah kompleks yang dikenal oleh kalangan Muslim sebagai al-Haram al-Sharif. Bagi kaum Yahudi dikenal sebagai Bukit Bait di Kota Tua Yerusalem, setelah menunaikan shalat Idul Adha.

Di Suriah, Presiden Bashar Al-Assad melaksanakan shalat di sebuah masjid di Damaskus. Hari Raya itu juga dirayakan di benua Afrika dan Asia.

Di ibu kota Kenya, Nairobi, ribuan orang berkumpul di sebuah lapangan untuk menunaikan shalat Id. Demikian juga di ibu kota Somalia, Mogadishu, serta di Masjid Pusat Almaty di Kazakhstan. Perayaan Idul Adha berlangsung pada saat rangkaian tahunan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi, hampir berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement