Selasa 21 Aug 2018 15:56 WIB

Harga Hewan Kurban di Mesir Naik

Memburuknya kondisi ekonomi menjadi penyebabnya.

Hewan kurban
Foto: You Tube
Hewan kurban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar hewan kurban di Mesir menyaksikan resesi menjelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Kenaikan harga hewan dan memburuknya kondisi ekonomi menjadi penyebabnya.

"Musim ini, lebih sedikit orang datang ke pasar untuk membeli hewan kurban," kata pedagang ternak Ahmed Fathy saat ia memberi makan kambing di satu pasar ternak hidup di Ibu Kota Mesir, Kairo (21/8).

Tahun lalu, Fathy mengaku keadaannya lebih baik. Hampir semua hewan dagangannya terjual saya. "Namun, tahun ini, saya bahkan belum menjual separuhnya," kata Fathy sambil melihat ke sekeliling untuk mencari pembeli.

Kondisi ekonomi yang lesu serta angka kemiskinan yang tinggi membuat pedagang hewan kurban berputar otak. "Saya memiliki sistem pembayaran cicilan buat orang yang saya percaya. Pembeli bisa membayar separuh harga dan membayar sisanya dengan dasar per bulan berdasarkan kesepakatan," tambah Fathy.

Mesir telah menderita resesi ekonomi selama beberapa tahun belakangan akibat tantangan keamanan dan ketidakstabilan politik. Sejak penghujung 2016, Mesir telah melaksanakan program pembaruan ekonomi ketat selama tiga-tahun.

Liberalisasi pound Mesir mendorong Dana Moneter Internasional mendukung rencana pembaruan ekonomi Mesir dengan pinjaman sebesar 12 miliar dolar AS, yang dua pertiganya sudah dikirim ke negara Afrika Utara itu.T

ak jauh dari Fathy, Mohammed Hany, seorang insinyur Mesir yang berusia 30-an tahun, sedang tawar-menawar dengan pedagang lain hewan kurban mengenai harga kambing.

"Harga hewan kurban benar-benar mahal tahun ini," kata Hany .

Ia menghabiskan waktu lebih dari satu jam di pasar tersebut untuk mencari kambing murah dan akhirnya mendapatkan satu kambing kecil."Tapi ini masih lebih mahal dibandingkan dengan perkiraan saya," keluhnya.

Insinyur muda itu mengatakan ia beberapa tahun lalu biasa menyembeli sapi atau unta. Kenaikan harga semua komoditas memaksanya membeli hewan yang lebih murah untuk Hari Raya Kurban.Harga satu kilogram anak sapi berkisar antara 50 dan 55 pound Mesir (2,79 - 3,07 dolar AS), sementara harga satu kilogram kambing berkisar 65 pound Mesir.

"Jadi, membeli satu kambing lebih cocok buat saya ... Saya ingin mempertahankan kebiasaan menyembelih hewan kurban saat Idul Adha," katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement