Jumat 09 Mar 2018 13:19 WIB

Tourism New Zealand Perbarui Panduan Makanan Halal

Panduan ini menunjukkan komitmen Selandia Baru memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Ani Nursalikah
Logo produk halal Selandia Baru yang diwacanakan dalam ekspansi produk halalnya.
Foto: onislam.net
Logo produk halal Selandia Baru yang diwacanakan dalam ekspansi produk halalnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pariwisata halal semakin menjadi fokus sejumlah negara, tidak terkecuali Selandia Baru. Hal ini terlihat dari dikeluarkannya Panduan Makanan Halal oleh Tourism New Zealand, organisasi yang bertanggung jawab memasarkan Selandia Baru sebagai destinasi wisata. Berisi gambaran secara lengkap mengenai pilihan kuliner halal di Selandia Baru, buku ini merupakan versi terbaru dari edisi dua tahun sebelumnya.

Regional Manager South and Southeast Asia Tourism New Zealand Steven Dixon menjelaskan, panduan yang diperbarui ini menunjukkan komitmen Selandia Baru dalam upaya memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim. "Sekaligus memperkuat posisi kami sebagai destinasi liburan pilihan pelancong Muslim," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (9/3).

Panduan Makanan Halal edisi terbaru memiliki lebih dari 289 tambahan restoran dan kafe, meningkat 51 persen lebih banyak dibandingkan edisi sebelumnya. Panduan ini menawarkan berbagai kuliner bersertifikasi halal di beberapa wilayah baru, termasuk Whangarei dan Marlborough. Wisatawan juga bisa menggunakannya untuk mencari supermarket bersertifikasi halal dan outlet untuk makanan take away.

Dixon mengatakan telah melihat perkembangan pariwisata halal di kawasan Asia Tenggara yang semakin meningkat. "Oleh karena itu, kami ingin memastikan wisatawan Muslim juga memiliki akses mudah untuk mendapatkan informasi mengenai pilihan makanan halal di New Zealand," ucapnya.

Panduan Makanan Halal merupakan hasil kerja sama Tourism New Zealand dengan Kiwi Muslim Directory dan Federation of Islamic Associations of New Zealand (FIANZ). Panduan ini menyediakan informasi wisata secara umum, namun dilengkapi dengan 576 daftar yang bersertifikasi halal.

Direktur FIANZ Hazim Arafeh mengatakan dengan semakin berkembangnya industri pariwisata halal secara global, Panduan Makanan Halal menjadi sumber informasi berguna bagi wisatawan Muslim ketika berkunjung ke Selandia Baru. "Kami berharap, wisatawan Muslim dapat memiliki kepercayaan kepada Selandia Baru selama kunjungan mereka," ujarnya.

Beberapa rekomendasi pilihan tempat makan yang halal ketika di Selandia Baru, termasuk Bawarchi Indian Restaurant di Central Auckland, Garudas Food Truck di Wellington, The Herb Centre Caf di Christchurch, dan KL Aroma Restaurant di Dunedin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement