Jumat 13 Aug 2021 05:25 WIB

5 Akhlak Rasulullah SAW

Rasulullah SAW memberikan contoh akhlak yang harus ditiru umat Islam

Nabi Muhammad: Meneladani Rasulullah SAW.
Foto: Wordpress.com/cs
Motivasi Rasulullah SAW menjadikan mereka lebih cinta pada akhirat dan rindu mendapatkan syahid.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --  Pertama, akhlak beliau kepada Allah SWT. Akhlak beliau kepada Allah terbukti begitu sangat cintanya beliau kepada Allah SWT mengalahkan cinta beliau kepada selain-Nya. Ini yang beliau ajarkan dan contohkan kepada para sahabat dan ummat pada waktu itu,

"Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah"(QS. Al Baqarah, 2:165). Cinta kita kepada Allah SWT melebihi cinta kita kepada selain Allah SWT harus kita buktikan sebagai bukti keimanan kita kepada-Nya. Seorang mu'min, tidak akan mungkin mencintai sesuatu di dunia ini jika sesuatu itu tidak dicintai oleh Allah SWT.

Seorang suami hanya akan mencintai istri jika dia yakin bahwa istrinya memang patut untuk dicintai oleh Allah, begitu sebaliknya seorang istri akan mencintai suaminya jika dia yakin suaminya memang orang yang patut untuk dicintai-Nya.

Demikian pula, orang tua akan mencintai anak jika orang tua itu yakin anak tersebut memang pantas untuk dicintai-Nya. Inilah bukti bahwa kita itu betul-betul mencintai Allah di atas cinta kita kepada selain-Nya. Karena tidak mungkin kita bisa mencintai Allah SWT lalu pada saat yang sama juga kita mencintai yang tidak dicintai oleh Allah SWT.

Kita hanya akan mencintai jabatan jika jabatan tersebut memang bisa kita peroleh dengan cara yang diridhai-Nya. Kita hanya akan mencintai harta jika harta tersebut bisa kita dapatkan dengan jalan yang diridhai-Nya.  Kecintaan kita kepada Allah harus mengalahkan hawa nafsu kita untuk mencintai yang tidak diridhai-Nya, membenci semua yang dibenci oleh Allah SWT.

Baca juga : IDAI: Ibu Positif Covid-19 Tetap Bisa Berikan ASI

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement