Rabu 16 Feb 2011 16:07 WIB

Dalih Terlalu Mencolok, Dewan Kota Illinois Ganjal Proposal Masjid

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Komunitas Muslim Illinois AS
Komunitas Muslim Illinois AS

REPUBLIKA.CO.ID, ILLINOIS--Komunitas Muslim DuPage County (MECCA) tengah berusaha mendapatkan persetujuan dewan kota setempat untuk perizinan pembangunan Masjid di dekat Willowbrook. Permohonan itu terjegal penolakan dewan lantaran dikhawatirkan akan membuat gangguan lalu lintas.

Disamping itu dewan kota juga keberatan dengan rencana pembangunan fasilitas yang dinilai terlalu mencolok. Berangkat dari revisi permohonan sebelumnya, pimpinan komunitas itu segera mengurangi draft rencana pembangunan yang semula direncanakan seluas 57.000 meter persegi menjadi 47.000 meter persegi.

Tinggi bangunan kubah juga mengalami penurunan ukuran dari semula 36 kaki menjadi 29 kaki.

"Terus terang saya belum pernah melihat pemohon mencoba memenuhi keinginan setiap orang dari 18 anggota Dewan County," papar pengacara MECCA, Mark Daniel seperti dikutip dari Chicago Tribune, Rabu (16/2).

Sebelumnya, Komite Pembangunan Dewan Kota telah menyetujui rencana pembangunan itu. Akan tetapi Dewan Kota menolak dan meminta MECCA kembali merivisi rencana itu. Opsi lokasi yang semula di Willbrook juga dipindah ke lokasi 91 Street Ilinois Route 83. 

Dewan Kota juga menolak rencana pembangunan menara dan kubah yang dalam zona yang sama. Sebagai bentuk kompromi, MECCA tetap mengajukan pembangunan menara dan kubah meski dengan ukuran yang tidak sama dengan semula. "Apa yang diminta Dewan Kota sungguh aneh dan berbelit," pungkas Daniel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement