Sabtu 01 Jan 2011 07:43 WIB
Dzikir Nasional

Anak Muda: Dzikir Lebih Bermanfaat Daripada Hura-Hura Tahun Baru

Rep: c25/ Red: Krisman Purwoko
Jemaah berdoa bersama dalam pengajian majelis taklim di Masjid Attin, TMII, Jakarta, Jumat (31/12)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Jemaah berdoa bersama dalam pengajian majelis taklim di Masjid Attin, TMII, Jakarta, Jumat (31/12)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Berbagai macam cara dilakukan anak muda untuk merayakan malam pergantian tahun baru. Dari mulai menyaksikan konser musik hingga pertunjukkan kembang api. Namun, ada satu hal berbeda yang dilakukan sejumlah anak muda ibukota untuk merayakan tahun baru itu. Mereka menghadiri acara dzikir nasional menjelang malam pergantian tahun 2010 ke 2011 di Masjid AT-TIN, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Yudith Benarinida (18 tahun), siswi SMK Telkom Sandi Putra Jakarta, datang bersama teman-temanya sejak pukul 18.30 WIB ke Masjid AT-TIN untuk menghadiri dzikir nasional yang diselenggarakan oleh Harian Umum Republika. Menurutnya, datang ke masjid untuk mengikuti acara zikir merupakan sesuatu yang sangat berbeda menjelang malam pergantian tahun. "Biasanya tiap malam tahun baru saya selalu bakar ayam dan pesta di semalam suntuk bersama teman-teman," kata Yudith kepada Republika, Jumat (31/12) malam.

Yudith mengatakan, ia diajak oleh salah seorang temannya yang pernah mengikuti acara seperti ini di tempat yang sama pada tahun lalu. Karena ingin tahu, ia setuju dengan ajakan temannya tersebut. Meski belum pernah mengikuti acara dzikir seperti ini, Yudith mengetahui dari temannya bahwa setelah mengikuti acara dzikir maka hatinya akan menjadi tentram dan semangat untuk beribadah meningkat. "Makanya saya ingin mengetahui rasanya seperti apa," ujar Yudith.

Anak muda lainnya, Priambudi (22), Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, acara dzikir nasional saat malam pergantian tahun sangat bermanfaat dibanding hura-hura atau perayaan lainnya. Karena, mengikuti zikir akan mencegah munculnya perilaku maksiat atau tidak terpuji pada saat perayaan tahun baru. "Acara seperti ini akan mengingatkan kita kepada Allah," kata Priambudi, Jumat (31/12).

Menurutnya, anak muda yang melakukan kegiatan bermanfaat lebih disukai Allah. Sehingga, ia berharap banyak anak muda yang datang ke Masjid AT-TIN untuk mengikuti acara zikir nasional yang dipimpin oleh dai kondang Ustadz Arifin Ilham pada saat malam menjelang pergantian tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement