Jumat 19 Nov 2010 04:41 WIB

Khamarul Hamza Wafat Saat Hendak Wudhu

Rep: Priyantono Oemar dari Makkah/ Red: Siwi Tri Puji B
Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI)
Foto: Siwi Tri Puji/Republika
Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH--Seorang jamaah kloter 4 embarkasi Banda Aceh (BTJ) Khamarul Hamza Bin Sulaiman wafat sesaat setelah terjatuh di toilet Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah. Wakil Kepala Daerah Kerja (Wakadaker) Makkah bidang kesehatan dr Taufik menyatakan, Kamarul meninggal pukul 18.15 waktu Arab Saudi, Rabu (17/10) malam. "Meninggalnya pas maghrib. Mungkin ke toilet mau ambil wudhu," kata Taufik.

Seorang petugas kesehatan yang akan wudhu di toilet menemukan Kamarul yang terjatuh dan langsung membawanya ke ruang perawatan untuk diperiksa. Saat diperiksa Khamarul yang berusia 76 tahun itu sudah meninggal. "Tidak benar kalau ada informasi dia ketahuan meninggal setelah dua hari. Kan toilet itu toilet umum selalu ramai orang," kata dr Taufik.

Saat ditemukan, jasad Khamarul pun belum kaku. Khamarul meninggal diduga akibat serangan jantung.

Setelah Khamarul, jamaah yang tercatat wafat di BPHI Makkah adalah Dini Niib dari kloter 37 embarkasi Jakarta-Saudi (JKS). Dini meninggal dalam usia 83 tahun. "Ada 130 an jamaah yang dirawat di BPHI. Mayoritas dengan keluhan pernafasan dan gula," kata dr Taufik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement