Ahad 07 Nov 2010 09:46 WIB

Ribuan Orang di Semarang Doa Bersama untuk Korban Merapi

Rep: Arif S/Ant/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN--Ribuan warga Kabupaten Semarang, Jawa Tengah menggelar keprihatinan. Mereka yang tergabung dalam jamaah Al-Khidmah memanjatkan doa bersama untuk korban letusan Gunung Merapi dan tsunami di Mentawai.

Mereka berdoa di alun-alun Mini Ungaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (6/11) malam mulai pukul 18.00 WIB. Acara itu bersamaan dengan Haul Akbar Kabupaten Semarang 2010 yang mengambil tema "Ungaran Berzikir untuk Keselamatan Bangsa".

Ketua Al-Khidmah Kabupaten Semarang, Moch Zaenuri, mengatakan tema tersebut sesuai dengan kondisi Indonesia yang saat ini bertubi-tubi dilanda bencana besar, seperti banjir bandang di Wasior, gempa dan tsunami di Mentawai, dan yang masih berlangsung saat ini adalah erupsi Gunung Merapi. "Intinya kita berdoa bersama agar dapat menyelamatkan diri dan bangsa ini sehingga terhindar dari berbagai macam musibah, sekaligus mendoakan saudara-saudara kita agar diberikan ketabahan" katanya.

Ia manambahkan rangkaian acara pada kegaiatan berdoa bersama ini dimulai dengan shalat Maghrib berjamaah, istighotsah, dan pembacaan surat Yasin. Setalah itu dilakukan pembacaan Manaqib, sambutan-sambutan, tausiyah, dan doa.

"Ratusan kiai akan memimpin doa, bersama-sama dengan ribuan umat dari penjuru Kabupaten Semarang dan sekitarnya," paparnya.

Ketua Panitia Acara Berdoa Bersama untuk Korban Bencana dan Haul Kabupaten Semarang, Abdullah Maskur, mengatakan jamaah yang hadir dalam acara ini diperkirakan mencapai 15 ribu orang. Menurut dia, acara ini sengaja dilaksanakan di alun-alun Ungaran karena dinilai paling strategis juga mengandung nilai inklusif.

"Banyak simpatisan majelis zikir kami yang berasal dari orang kebanyakan yang kurang familiar dengan masjid, karena merasa dirinya belum pantas. Kalau tempatnya di masjid kami khawatir mereka sungkan untuk datang," kilahnya.

Di sela-sela acara pengajian, panitia juga memutarkan kotak amal. Rencananya dana yang terkumpul akan disumbangkan kepada korban letusan Gunung Merapi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement