Senin 25 Oct 2010 18:33 WIB

Kiswah Diangkat

Kiswah Ka\'bah
Kiswah Ka\'bah

REPUBLIKA.CO.ID,MEKKAH--Kiswah sebagai pelindung Ka'bah dari sengatan matahari, Minggu malam atau pukul 09.30 WAS, diangkat bagian bawahnya dan bagian yang digulung dilapisi kain putih.

Wartawan ANTARA di Mekkah melaporkan prosesi pengangkatan Kis'wah dilakukan sekitar 20 personel yang semuanya mengenakan baju gamis, bersorban dan mendapat kawalan ketat askar yang bertugas di kompleks Masjidil Haram.
Para petugas yang mengangkat kiswah tersebut menggunakan tangga lipat hidrolik. Mereka ini bekerja sekitar dua jam. Setelah kiswah dilipat, pada bagian atas diikat menggunakan jarum besar. Persis seperti menjahit sebuah karung besar.
Selama proses pengangkatan kiswah itu, para jamaah dilarang mendekati Ka'bah, bahkan untuk mencium Hajar Aswad pun dilarang. Sekitar 3 meter dari dinding Ka'bah, petugas memasang pagar terbuat dari plastik kekar, sehingga tak satu pun jamaah dapat mendekati dinding Ka'bah, termasuk ke kawasan Hijir Ismail.
Ketika pekerjaan mengangkat Kiswah itu selesai, maka jamaah haji yang sedang thawaf pun berhamburan mendekati dinding Ka'bah. Jamaah haji dari berbagai belahan dunia kembali berebutan untuk mendcum Hajar Aswad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement