Kamis 14 Oct 2010 06:37 WIB

Gubernur Sumsel Minta Dokter Haji Ditambah

Rep: Maspril Aries / Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG--Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin meminta agar jumlah dokter pendamping calon jamaah haji dalam setiap kelompok terbang (kloter) bisa ditambah.

Saat melepas kloter dua embarkasi Palembang, Rabu (13/10), Alex Noerdin mengatakan, dalam setiap kloter hanya ada satu dokter untuk melayani rata-rata 350 orang orang jemaah. Dengan jumlah calon jemaah haji yang kebanyakan sudah berusia lanjut, satu dokter dibantu beberapa perawat, dikhawatirkan tidak dapat memberikan pelayanan terbaiknya.

''Belum lagi jika dokternya sakit juga, bagaimana mereka memberikan pelayanan nantinya? Ke depan jumlah dokter di setiap kloter harus ditambah, jangan hanya pembimbing haji yang ditambah, tapi dokter juga,” ujar Alex.

Kloter dua embarkasi Palembang yang calon jamaah haji berasal dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berangkat menuju tanah suci dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II pukul 15.00 WIB.  Jumlah jamaah kloter dua yang berangkat 355.

Namun sampai hari keberangkatan, sebanyak dua orang calon jamaah tertunda karena sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. Salah satu jemaah yang tertunda adalah Syarliman Abu Hasan, 81 tahun  warga Dusun II Ulak Embacang Sungai Desa Sekayu, yang harus menjalani perawatan di rumah sakit sebelum sempat masuk asrama haij. Satu orang lainnya, Ibnu Ayis Kedi, 69 tahun warga Desa II Ngulak Babat Toman Muba yang masih dirawat secara intensif di poliklinik asrama haji.

Menurut  Kepala Seksi (Kasi) Humas Penerangan dan Protokol Panitia Haji Sumsel 2010, Saifudin Latief, calon jamaah haji embarkasi Palembang yang berangkat pada kloter pertama sudah tiba di Saudi Arabia. “Dari informasi Siskohat belum ada informasi mengenai kabar para jamaah ini,” jelasnya.

Mengenai kondisi cuaca di Madinah, Saifudin menjelaskan, suhu minimal mencapai 6 derajat celsius dan maksimal mencapai 25 derajat celsius. Kondisi cuaca minimal di Makkah mencapai 23,9 derajat celsius dan maksimal mencapai 36,8 derajat celsius.  “Dengan kondisi cuaca tersebut, kami berulang kali mengimbau agar jemaah mempersiapkan diri dengan baik sehingga ibadah hajinya dapat berjalan lancar,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement