Selasa 07 Sep 2010 04:51 WIB

Sebanyak 2782 Sisa Kuota Haji Reguler

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Hingga batas akhir pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler tahap kedua selesai hari ini sebanyak 2782 ribu jamaah belum menyelesaikan pelunasan. Dengan demikian total calon jamaah haji(calhaj) reguler yang telah melunasi sebanyak 194.178 ribu calhaj.

Sedangkan jumlah keseluruhan calhaj baik reguler maupun khusus adalah 216.649. Menurut Direktur Pelayanan Haji Kementerian Agama, Zainal Abidin Supi, kebijakan pengelolaan sisa kuota haji reguler tersebut akan dikembalikan dan dilaporkan ke menteri agama.

Pemerintah tidak membahas kemungkinan memperpanjang masa pelunasan untuk kesekian kalinya.”Keputusannya ada di tangan menteri agama,”ujar dia di Jakarta, Senin (6/9)

Zainal mengungkapkan, ada kemungkinan kuota tersebut dikembalikan ke propinsi sesuai dengan porsi masing-masing. Terkait kebijakan pengelolaannya diserahkan sepenuhnya ke pemerintah setempat.

Zainal menyebutkan banyak faktor yang menyebabkan kuota belum terpenuhi sampai batas waktu pelunasan habis. ”Ketidaksiapan finansial calhaj menjadi salah satu faktornya,”ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement