Jumat 11 Jun 2010 04:21 WIB

Din Syamsudin: Perlu Langkah Nyata Sikapi Israel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina Din Syamsudin mengatakan, perlu langkah nyata dari Indonesia untuk menyikapi Israel atas serangan yang dilakukannya terhadap armada kapal bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina. Menurut Din yang juga Ketua Umum PP Muhammadiyah, di Jakarta, Kamis, sikap Indonesia tidak cukup hanya dengan memprotes atau mengutuk kekejaman Israel, tetapi harus diwujudkan dalam langkah yang lebih efektif untuk menimbulkan efek jera terhadap Israel.

"Yang paling penting harus ada langkah lebih nyata lagi. Kita memprotes, mengutuk tetapi jangan berhenti sampai disitu, harus ada langkah lain," katanya dalam diskusi yang diselenggarakan "Spirit of Aqsa" sebuah lembaga sosial masyarakat muslim. Ia menuturkan, langkah nyata ini seharusnya juga tidak hanya dilakukan oleh Indonesia tetapi dunia internasional.

Negara-negara yang berhubungan dengan Israel seharusnya meninjau kembali hubungan tersebut, sedangkan Indonesia jangan pernah membuat hubungan apapun dengan Israel, ujarnya. "Perlu ada gerakan internasional untuk mengisolasi Israel. Kemudian, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) harus didesak untuk berani mengambil langkah tegas," katanya.

Din berpendapat, selama ini tidak ada keadilan bagi Palestina dan kondisi ini terus dibiarkan. Ia pun mengajak masyarakat dunia untuk mendukung kemerdekaan Palestina sebagai negara yang berdaulat. "Jika dibiarkan ini akan terulang kembali, seribu kali demo toh diabaikan. Maka harus ada langkah maju, secara hukum cari celah seret pemimpin Israel untuk diadili," tambahnya.

Sementara itu, Ketua lembaga sosial muslim "Spirit of Aqsa", Bahtiar Nasir mengatakan, bantuan yang dibutuhkan Palestina saat ini adalah bantuan kemanusiaan untuk membebaskan Palestina dari penjajahan.

"Yang penting adalah kemerdekaan. Bantuan terbesar yang harus kita berikan tidak hanya sebatas obat-obatan dan bahan makanan tetapi bagaimana membebaskan Palestina," katanya.

Ia menjelaskan, misi dari "Spirit of Aqsa" adalah sosialisasi dan publikasi gerakan pembebasan Palestina dan Aqsa dari Israel ke seluruh dunia, khususnya Indonesia, serta berperan nyata membebaskan Palestina dan Aqsa.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement