Kamis 02 Feb 2023 08:00 WIB

Masjid Victoria Menjamu Para Pemeluk Agama

Pertemuan untuk mempererat hubungan antar pemeluk agama di Wales.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Victoria Menjamu Para Pemeluk Agama. Foto: Toleransi (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Masjid Victoria Menjamu Para Pemeluk Agama. Foto: Toleransi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEWPORT –  Sebuah masjid di Newport, Wales menjadi tuan rumah pertemuan komunitas para pemeluk agama. Pertemuan untuk mempererat hubungan antar pemeluk agama itu berlangsung di Masjid Victoria yang diinisiasi oleh Masyarakat Islam Wales (MIW) yang digawangi oleh sekretaris MIW, Mubarak Ali.

Ali telah tinggal di Newport selama sekitar 60 tahun. Ia memutuskan untuk mengadakan acara tersebut karena dia merasa penting untuk menyatukan orang-orang dari berbagai agama, kebangsaan dan latar belakang untuk membantu meningkatkan hubungan di antara mereka.

Baca Juga

"Itu adalah acara yang sangat positif dan sangat fantastis untuk menyatukan semua orang ini. Kami telah mengadakan acara dengan keyakinan yang berbeda sebelumnya, tetapi tidak dalam skala ini. Saya suka menginspirasi orang untuk melakukan hal yang benar. Kita hanya punya satu kehidupan jadi mari tunjukkan cinta dan hormat satu sama lain," kata Ali seperti dilansir South Wales Argus pada Kamis (2/2/2023).

Anggota parlemen lokal dan anggota Senedd termasuk di antara mereka yang menghadiri acara tersebut. Tamu lainnya termasuk Letnan Brigadir Gwent Robert Aitken, Sheriff Tinggi Gwent Malgwyn Davies, Walikota Newport Cllr Martyn Kellaway, Uskup Monmouth Cherry Vann, Dekan St Woolos Ian Black, dan tokoh lainnya. Para ustaz dan pengurus masjid juga hadir dalam kesempatan itu.

Ali juga menyambut David Pearce yang merupakan keponakan dari petinju Wales, Rocky David yang telah membantu perjuangannya ketika masa awal hijrah ke Wales.

"Saya memberikan penghormatan dan berterima kasih kepada Rocky David, ketika saya tinggal di Pill pada tahun 60an dan 70an ketika keluarga saya pindah dari Pakistan pada tahun 1966. David dan saya bermain sepak bola bersama di Pill (Ken Park). Masjid pertama kami dibangun di ruang bawah tanah di Potter Street pada tahun 1973. Kemudian pindah ke Llanwern Street di Maindee pada tahun 1974. Pada tahun 1977 kami pindah ke gereja di 63 Stow Hill," katanya.

"Akhirnya kami pindah ke gedung kami saat ini, United Reformed Church tua di Victoria Road saat jamaah kami tumbuh dan berkembang selama bertahun-tahun," tambahnya.

Ali adalah wali Dewan Kesetaraan Rasial Wales Tenggara yang ditutup pada 2018 karena pemotongan pemerintah. Dia juga salah satu anggota pendiri Dewan Masjid dan Organisasi Muslim Newport yang didirikan pada tahun 2008.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement