Selasa 31 Jan 2023 05:17 WIB

Ledakan di Masjid Pakistan, 47 Tewas dan 150 Luka-luka

Ledakan bom terjadi di sebuah masjid di dalam markas kepolisian Pakistan.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Petugas keamanan dan petugas penyelamat berkumpul di lokasi bom bunuh diri, di Peshawar, Pakistan, Senin, 30 Januari 2023. Seorang pembom bunuh diri menyerang di dalam sebuah masjid di kota Peshawar, Pakistan barat laut, menewaskan banyak orang dan melukai puluhan jamaah , kata para pejabat.
Foto: AP Photo/Zubair Khan
Petugas keamanan dan petugas penyelamat berkumpul di lokasi bom bunuh diri, di Peshawar, Pakistan, Senin, 30 Januari 2023. Seorang pembom bunuh diri menyerang di dalam sebuah masjid di kota Peshawar, Pakistan barat laut, menewaskan banyak orang dan melukai puluhan jamaah , kata para pejabat.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD — Ledakan bom terjadi di sebuah masjid di dalam markas kepolisian Pakistan. Ledakan pada Senin (30/1/2023) sore itu menyebabkan sebanyak 47 orang meninggal dunia dan 150 lainnya terluka.

"Banyak polisi terkubur di bawah reruntuhan," kata kepala polisi Peshawar Muhammad Ijaz Khan, dilansir dari The New Arab, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

Kekuatan ledakan itu mengakibatkan seluruh dinding dan sebagian atapnya hancur. Ia memperkirakan ada sekitar 300 dan 400 petugas biasanya menghadiri sholat di masjid.

"Upaya sedang dilakukan untuk mengeluarkan mereka dengan aman," tambahnya.

Orang-orang yang selamat berlumuran darah muncul tertatih-tatih dari reruntuhan, sementara mayat diangkut dengan ambulans saat operasi penyelamatan berlanjut.

"Ini situasi darurat," kata juru bicara rumah sakit utama di Peshawar, Muhammad Asim Khan.

Saat ini, empat orang diduga masih terperangkap di reruntuhan, terlihat melalui retakan beton, di samping mayat yang belum ditemukan.

"Kami telah memberi mereka oksigen agar mereka tidak mengalami masalah pernapasan," kata Bilal Ahmad Faizi, juru bicara organisasi penyelamat 1122.

Markas besar polisi di Peshawar berada di salah satu daerah yang paling dikontrol ketat di kota itu, menampung biro intelijen dan kontra-terorisme, dan bersebelahan dengan sekretariat daerah.

Provinsi-provinsi di seluruh negeri mengumumkan bahwa mereka dalam keadaan siaga tinggi setelah ledakan, dengan pos-pos pemeriksaan ditingkatkan dan pasukan keamanan tambahan dikerahkan.

Sementara itu, di ibu kota Islamabad, penembak jitu dikerahkan ke gedung-gedung dan di titik masuk kota.

“Teroris ingin menciptakan ketakutan dengan menargetkan mereka yang menjalankan tugas membela Pakistan," kata Perdana Menteri Shehbaz Sharif dalam sebuah pernyataan.

"Mereka yang berperang melawan Pakistan akan musnah dari muka bumi,” tambahnya.

Petugas mengatakan ledakan itu berasal dari jamaah baris kedua, dengan tim penjinak bom menyelidiki kemungkinan serangan bunuh diri.

Shahid Ali, seorang polisi yang selamat, mengatakan ledakan itu terjadi beberapa detik setelah imam memulai salat.

“Saya melihat asap hitam membubung ke langit. Saya berlari keluar untuk menyelamatkan hidup saya," kata pria berusia 47 tahun itu.

"Jeritan orang-orang masih bergema di benak saya," tambahnya. "Orang-orang berteriak minta tolong,” ujarnya.

Pelanggaran keamanan drastis terjadi pada hari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan dijadwalkan mengunjungi Islamabad, meskipun perjalanan dibatalkan pada menit terakhir karena cuaca buruk.

Pakistan juga bersiap untuk menjadi tuan rumah delegasi Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa karena bekerja untuk membuka pinjaman bailout penting untuk mencegah gagal bayar.

Situasi keamanan di Pakistan - yang pernah dilanda pemboman hingga tindakan keras militer besar-besaran yang dimulai pada 2014 sebagian besar memulihkan ketertiban, telah memburuk sejak kembalinya Taliban Afghanistan di Kabul.

Islamabad menuduh penguasa baru gagal mengamankan perbatasan pegunungan mereka, yang memungkinkan militan melakukan perjalanan bolak-balik tanpa terdeteksi.

Ancaman terbesar datang dari kebangkitan kembali Taliban Pakistan, sebuah gerakan terpisah dari Taliban Afghanistan tetapi dengan ideologi yang sama, yang secara tajam meningkatkan serangan dengan sedikit korban terhadap polisi dan pasukan keamanan.

Sementara itu, cabang regional ISIS yang jumlahnya didukung oleh pembobolan penjara di Afghanistan pada 2021 - mengklaim serangan terhadap masjid minoritas Syiah di Peshawar yang menewaskan 64 orang, serangan teror paling mematikan di Pakistan sejak 2018.

Detektif mengatakan pembom itu adalah seorang pengasingan Afghanistan yang telah kembali ke rumah untuk berlatih untuk serangan itu.

Di bagian selatan negara itu, pihak berwenang mengatakan perbatasan yang keropos dengan Afghanistan telah membantu gerakan separatis di Balochistan.

Sumber:

https://www.newarab.com/news/47-dead-150-wounded-pakistan-mosque-blast

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement