Selasa 29 Nov 2022 13:26 WIB

Dukung Kossuma dan UKM Perempuan, Salimah Gelar Digital Camp

Hingga tahun 2022, Salimah Jawa Barat telah memliki 26 titik Kossuma.

Digital Camp Pengurus Wilayah Salimah Jawa Barat pada 25-27 November 2022.
Foto: Dok PW Salimah Jawa Barat
Digital Camp Pengurus Wilayah Salimah Jawa Barat pada 25-27 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Wilayah PW Salimah Jabar beserta Kossuma (Koperasi Syari’ah Serba Usaha Salimah) mengadakan Digitalisasi Camp untuk anggota Kossuma dan UKM Salimah se-Jabar. Acara bertajuk "Salimah untuk perempuan, anak, dan keluarga Indonesia, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat" ini dilaksanakan di gedung Balatkop UMKM Jabar, pada  25-27 November 2022. 

Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kusmana Hartadji, MM, Ketua Umum Salimah, Ketua I PP Salimah, Ketua PW Salimah Jawa Barat, Ketua Inkossuma beserta seluruh koperasi primer Salimah yang dikenal dengan Kossuma se-Jawa Barat, dan 18 anggota Inkossuma dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, dan Gorontalo. 

Baca Juga

Event Pelatihan ini merupakan ajang pertemuan pengusaha mikro kecil yang akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas usaha dan pengusaha perempuan, terutama secara digital.

Dalam sambutnya, Ketua PW Salimah  Jawa Barat, Wiwi Hartanti, berharap agar semakin banyak koperasi di Jawa Barat  tergabung dalam koperasi-koperasi primer Salimah lainnya secara profesional.

Ketua umum PP Salimah, Etty Pratiknyowati, berharap agar pelatihan ini memberikan inspirasi bagi para anggota Kossuma dan UKM Salimah untuk berkontribusi dalam membangun bangsa Indonesia. 

Selanjutnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM yang diwakili oleh widyaiswara Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat, Ahmad Rosyid, membuka acara pelatihan digitalisasi ini.

"Dinas Koperasi selalu siap memfasilitasi koperasi dan umkm yang ingin mengadakan pelatihan untuk up grading para anggotanya," ujar Rosyid dalam sambutannya. Ia juga berharap Salimah sebagai ormas perempuan dapat menjadi inspirasi bagi para perempuan di seluruh Indonesia.

Kossuma (Koperasi Syari’ah Serba Usaha Salimah) sebagai program unggulan Departemen Ekonomi Salimah, berada di bawah naungan koperasi sekunder Induk Kossuma (Inkossuma) yang berkedudukan di Pimpinan Pusat Salimah. Hingga tahun 2022, Pimpinan Wilayah Salimah Jawa Barat telah memliki 26 titik Kossuma di Jawa Barat yang  beranggota 2500 orang.

Selain itu, salah satu program dari Inkossuma adalah Outlet Salimah, dimana outlet Salimah menjadi wadah yang membantu perekonomian masyarakat, anggota dan pengurus Salimah. Produk-produk Salimah seperti Salimah Food saat ini menjadi produk andalan yang dijual di outlet Salimah. Saat ini telah berdiri sebanyak 62 outlet Salimah di Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement