Sabtu 26 May 2018 14:20 WIB

Wakil Dubes UEA Serahkan Bantuan Sembako Melalui ACT

Kerja sama ini adalah kali pertama yang dilakukan Kedubes UEA di Jakarta dan ACT

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Budi Raharjo
Pembagian paket sembako dari Kedubes Uni Emirat Arab bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap Foundation di Kampung Muka,  Ancol,  Sabtu (26/5).
Foto: Ratna Ajeng Tejomukti
Pembagian paket sembako dari Kedubes Uni Emirat Arab bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap Foundation di Kampung Muka, Ancol, Sabtu (26/5).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia Walid Murad Darwish Alraesi menyerahkan bantuan sekitar 4,900 kilogram paket kebutuhan pokok. Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan 700 kepala keluarga selama Ramadhan.

"Kami dari Kedubes UEA di Jakarta membuat acara buka bersama infak dan sedekah di beberapa masjid seluruh Indonesia," ujar Alraesi di Lokasi pembagian paket sembako SDN 03 Ancol, Sabtu (26/5).

Bagi Kedubes UEA tujuan acara ini tidak mengambil manfaat politis apapun. Ini merupakan bentuk ketulusan mereka untuk Ramadhan tahun ini.

Wakil Presiden Departemen Komunikasi Iqbal Setyarso mengatakan program ini merupakan kerja sama antara Kedubes UAE dengan Aksi Cepat Tanggap Foundation (ACT) untuk berkolaborasi membahagiakan fakir miskin di wilayah Jakarta dengan program bantuan paket sembako. Paket sembako ini berisi beras, gula pasir, terigu, sirup, Teh, minyak goreng, Kopi Bubuk, dan Mie Instan.

Kerja sama ini adalah kali pertama yang dilakukan Kedubes UEA di Jakarta dan ACT. Kerja sama ini sebagai langkah awal untuk mempererat hubungan ACT dan UAE serta mempererat tali persaudaraan sesama saudara Muslim, dan kerja sama dalam bidang yang lain nantinya.

Manager Relief Management Program Rivai mengatakan mereka yang menerima sembako merupakan warga di dua RW terpadat di Jakarta Barat. "Ini merupakan kampung binaan ACT sejak 2008," jelas dia.

Pertama kali penyaluran bantuan dilakukan ACT untuk penyediaan sanitasi Air dan MCK. Sejak itu ACT melakukan pendampingan dan pembinaan dengan berbagai program.

photo
Pembagian paket sembako dari Kedubes Uni Emirat Arab bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap Foundation di Kampung Muka, Ancol, Sabtu (26/5). (Ratna Ajeng Tejomukti/Republik)

Ramadhan 1439 Hijriyah, ACT memiliki banyak sekali program untuk membahagiakan para fakir-miskin di Tanah Air dan penjuru dunia. Untuk di Indonesia, program Buka Bersama Jakarta Bahagia (BBJB) yang penerima manfaatnya sebanyak 223 RW miskin dan padat se-Jakarta, Food Truck seribu porsi ifthar per hari, Kapal Ramadhan yang akan berlayar tgl 30 Mei 2018 ke pulau-pulau terpencil di Indonesia yang akan membawa bantuan pokok pangan.

Untuk di luar negeri, program-programnya adalah ifthar, paket pangan, Eid Gift untuk Rohingya, Palestine, Syiria, Somalia, Yaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement