Jumat 18 Aug 2017 14:30 WIB

Bukti Kekuatan Wakaf

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Universitas Al Azhar Kairo
Universitas Al Azhar Kairo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Contoh wakaf Sebagai contoh, beberapa lembaga terhormat dalam Dunia Islam juga merupakan buah dari wakaf. Di antaranya adalah Universitas al-Azhar di Kairo, Mesir.

Kompleks perguruan tinggi itu merupakan perluasan fungsi Masjid al- Azhar di masa Khalifah al-Aziz. Adapun masjid itu sendiri dibangun pada 971 Masehi oleh Jenderal Jauhar al-Siqilli atas instruksi Khalifah al-Mu'izz Lidinillah. Nama al-Azhar diambil dari nama putri Rasulullah SAW, Fatimah az-Zahra.

Pendirian Masjid al-Azhar berlangsung di masa Dinasti Fatimiyyah. Para penguasa Mesir waktu itu menetapkan wakaf khusus untuk proyek tersebut.

Khalifah al-Aziz Nazzar (wafat 996), misal nya, mewakafkan hartanya untuk membiayai tempat penginapan 35 orang pelajar al-Azhar dari keluarga ekonomi rentan. Setelah Dinasti Fatimiyyah luruh, Dinasti Ayyubiyah menggantikannya.

Pengembangan studi di al-Azhar sempat terkendala sentimen politik penguasa Ayyubiyah yang menganggap masjid dan kelembangaan al-Azhar merupakan warisan dinasti sebelumnya.

Karena itu, proses pendidikan di al- Azhar banyak bergantung pada inisiatif pribadi orang-orang yang bersimpati.

Akan tetapi, pesona al-Azhar sebagai pusat studi tidak surut. Banyak ilmuwan dari dalam maupun luar Mesir datang ke al-Azhar, sehingga kampus itu tidak lain sebuah ruang publik kosmopolitan. Baru dalam zaman Dinasti Mamluk (1250- 1517), al-Azhar kembali aktif seperti sedia kala.

Para khalifah menyadari sepenuhnya bahwa aktivitas pendidikan di al-Azhar membutuhkan pendanaan berkelanjutan.

Khalifah al-Hakim bi Amrillah merupakan yang pertama menggagas wakaf harta untuk kelangsungan Universitas al- Azhar. Upaya sang khalifah lantas diikuti pemimpin-pemimpin Mesir berikutnya.

Dengan harta wakaf itulah, lembaga tersebut dapat terus berkembang. Badan wakaf al-Azhar sampai kini masih aktif menyokong dan mengelola harta wakaf yang diperuntukkan bagi beasiswa, asrama mahasiswa, dan kegiatan-kegiatan lainnya sesuai visi pendidikan kampus tersebut. Pengelolaan Masjid al-Azhar sekarang berada di bawah Kementerian Wakaf Mesir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement