Jumat , 16 June 2017, 19:10 WIB

MAI Foundation Resmikan Program Patungan Wakaf

Red: Gita Amanda
MAI Foundation
Sosialisasi Wakaf oleh Sabrina Piscalia
Sosialisasi Wakaf oleh Sabrina Piscalia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation sosialisasikan Program Patungan Wakaf Rumah Sakit AKA Medika Sribhawono di hadapan 4.000 jamaah Masjid An-Nur Gatot Subroto, Jumat, (16/6). Program tersebut merupakan program kerjasama antara MAI Foundation dengan Dompet Dhuafa.

Untuk mensosialisasikan program, MAI Foundation menjadikan artis yang kini menjadi motivator hijrah, Sabrina Priscalia (33) sebagai Duta Wakaf. Mantan Runner Up Putri Jawa Barat 2003 mempresentasikan apa itu Program Patungan Wakaf.

(Baca juga: Sabrina Piscalia Jadi Duta Wakaf MAI Foundation)

Sabrina menjelaskan bahwa Rumah Sakit AKA Medika Sribhawono diperuntukkan oleh masyarakat fakir miskin di Lampung Timur. “Dikarenakan kondisi ekonomi di sana yang amat memprihatinkan, hanya ada satu rumah sakit. Alat-alatnya juga tidak memadai misalnya alat picu jantung dan hanya ada 76 ranjang sedangkan yang dibutuhkan 1000 ranjang. Belum lagi setiap tahunnya tingkat kelahiran yang bertambah, jarak perjalanan yang mencapai 3 jam. Maka, kami (MAI Foundation) berinisiatif memilih AKA Medika Sribawhono untuk keberlanjutannya,” ujar Sabrina seperti tertuang dalam siaran pers MAI Foundation.

Awalnya, RS AKA Medika Sribhawono milik seorang dokter spesialis jantung pertama di Lampung. Namun, saat ini RS yang berlokasi di Jl. Ir. Sutami No. 1 Lampung Timur itu telah dialihkan dan dikelola oleh Dompet Dhuafa dengan konsep wakaf produktif. Untuk program wakaf ini, MAI Foundation membutuhkan kucuran dana wakaf sebesar Rp 6,6 miliar yang akan diinvestasikan. Adapun untuk surplus yang diperoleh itu nantinya akan didistribusikan kembali kepada mustahik lain.

Sabrina juga memberitahukan bahwa sekitar bulan Januari 2017, MAI Foundation telah berhasil membangun sekolah MI Al-Bayan Mandiri yang merupakan sekolah inisiatif Buruh Migran Indonesia di Hong Kong. “Ketika kita mewakafkan harta kita, apalagi yang ini bersifat kekal, maka amal kita akan terus mengalir. Saya yakin bapak-bapak ingin punya tabungan akhirat. Saat kita menggunakan rezeki kita di jalan Allah maka kita sudah punya kendaraan ke akhirat,” ujar Sabrina.

Tak ketinggalan, perempuan kelahiran Kota Hujan itu pun mengajak kepada masyarakat umum agar mendonasikan dana wakafnya melalui MAI Foundation.

“Ada tiga amalan yang tidak akan putus yaitu anak yang soleh, ilmu bermanfaat dan sedekah jariyah. Bapak-bapak bisa transfer wakaf melalui rekening MAI Foundation atas nama Yayasan Mandiri Amal Insani dengan nomor rekening 070-000- 538552-6,” ujarnya.