Ahad 28 May 2017 16:12 WIB

Penyaluran Zakat Melalui Lembaga Resmi Meningkat Tiap Tahun

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
CEO Rumah Zakat - Nur Efendi
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
CEO Rumah Zakat - Nur Efendi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CEO Rumah Zakat Nur Effendi menilai, semangat berbagi masyarakat sedang luar biasa tinggi belakangan ini. Ia melihat, peningkatan itu turut terjadi di penyaluran zakat, baik melalui lembaga zakat resmi maupun non-resmi.

"Dua-duannya tumbuh, tapi melalui lembaga resmi memang tumbuh rata-rata 20-30 persen setiap tahun," kata Nur saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (28/5).

Nur mengungkapkan, untuk tahun lalu saja penghimpunan zakat di Rumah Zakat mengalami pertumbuhan sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya. Bahkan, kuarter pertama di tahun ini saja RZ sudah mengalami pertumbuhan sebanyak 20 persen lebih.

Dikatakan Nur, semangat orang membayar zakat ke lembaga resmi banyak dipengaruhi kasus-kasus penghimpunan zakat secara personal yang bermasalah. Karenanya, ia melihat optimistis walau pertumbuhan turut terjadi di lembaga nonresmi.

"Minimal semangat berbagi masyarakat itu tinggi, tinggal pemahaman atau pengetahuan masyarakat kalau menyalurkan yang bagus itu lewat lembaga resmi seperti yang dicontohkan Rasul dan sahabat yaitu lewat baitul mal," ujar Nur.

Nur menambahkan, setidaknya ada lima keuntungan yang didapat dari menyalurkan zakat lewat lembaga resmi. Lima keuntungan itu seperti syariah, menjaga keikhlasan, memberdayakan, tempat sasaran dan dikenakan penghasilan kena pajak.

"Kita sedang kampanyekan ini, berdonasi melalui lembaga resmi, lembaga apapaun yang penting sesuai aturan yang ada," kata Nur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement