Ahad 29 Nov 2015 20:55 WIB

Klinik Gratis Dhuafa OKU Dibuka Tahun Depan

 Petugas sedang melayani pembayar zakat di kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Jakarta,
Foto: Republika/Prayogi
Petugas sedang melayani pembayar zakat di kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Jakarta,

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Badan Amil Zakat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mulai Januari 2016 membuka klinik kesehatan gratis, guna memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang kurang mampu atau kaum duafa di daerah setempat.

Kabag Kesra Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Yulius Faisol di Baturaja, menjelaskan, klinik kesehatan itu akan dibuka di Islamic Center Baturaja dan warga bisa memanfaatkan seluruh pelayanan kesehatan yang disediakan tanpa dipungut biaya.

Menurut dia, dalam waktu dekat akan menyiapkan seluruh sarana dan prasarana, termasuk merekrut tenaga dokter dan perawat khusus ditugaskan di klinik kesehatan gratis, dimana di Sumsel program ini baru OKU yang melaksanakannya.

Dengan adanya klinik kesehatan gratis itu, kata Yulius, diharapkan bisa membantu masyarakat berobat dan menikmati pelayanan pertama di bidang kesehatan dengan cepat dan gratis. "Jadi kehadiran klinik ini sifatnya membantu fungsi puskesmas dan rumah sakit. Diharapkan akhir Desember 2015, klinik ini akan kita luncurkan sehingga awal Januari 2016 sudah berfungsi dengan maksimal," tegasnya.

Ia mengatakan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) OKU sendiri selama ini telah banyak melakukan berbagai kegiatan sosial yang sifatnya membantu masyarakat kurang mampu, berprestasi dan berjasa di bidang agama seperti mengumrohkan para petugas kebersihan, memberikan biaya pendidikan dan seragam sekolah bagi murid kurang mampu.

"Namun sayangnya kata Yulius, seluruh kegiatan itu banyak yang tidak dipublikasikan, karena sifatnya lebih banyak beramal dan kami tidak mau dikatakan riyak atau pamer," katanya. Dijelaskannya, keseluruhan jumlah dana yang berhasil dikumpulkan Baznas OKU khusus untuk infak saja mencapai Rp1 miliar pertahun, karena itu sepanjang tahun berbagai kegiatan sosial selalu dilaksanakan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement