Ahad 02 Aug 2015 09:21 WIB

Dompet Dhuafa Respons Bencana Kekeringan di Berbagai Wilayah

Rep: Marniati/ Red: Agung Sasongko
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang/ca
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa merespons bencana kekeringan yang tengah melanda sebagian besar wiliayah di Indonesia. Salah satunya, kekeringan di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

“Tim telah melakukan dropping sebanyak 67.400 liter air bersih. Sebanyak 580 kepala keluarga menjadi pemetik manfaat,” ungkap Direktur Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, Asep Beny, Sabtu (1/8) di Jakarta.

Ia menjelaskan, untuk wilayah yang menjadi penerima manfaat dari penyaluran air ini masih dalam tahap penyeleksian. Dompet Dhuafa akan menyasar wilayah Jabodetabek dan beberapa titik di Pantai Utara. Kemungkinan wilayah lain adalah Serang dan Lebak di Banten. Kemudian beberapa wilayah program pertanian Dompet Dhuafa seperti di Blora, Tuban, dan Ponorogo juga menjadi sasaran.

Dompet Dhuafa menyiapkan strategi jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang untuk bencana kekeringan ini. Respon cepat yakni dengan melakukan dropping air berupa mobil keliling ke daerah di Jabodetabek seperti yang dilakukan di Kecamatan Cibarusah dan sejumlah kota di Pantura.

Strategi jangka menengah yakni berupa pembuatan tandon atau bak penampungan air berbasis fasilitas publik seperti masjid di wilayah yang mengalami kekeringan. Pembuatan tandon air ini memudahkan saat penyaluran air dilakukan. Selain untuk kebutuhan memasak, tandon air juga bisa dimanfaatkan sebagai cadangan air. Tandon air ini dibuat permanen.

Selain penyediaan fasilitas pendukung, advokasi terhadap masyarakat setempat menjadi rencana jangka panjang. Advokasi tersebut berupa desain rumah yang bisa menampung air. Tempat penampungan air ini berada di bawah tempat tinggal penghuni. Ada dua keuntungan dari desain rumah seperti ini yaitu bisadijadikan tempat untuk distribusi air dan juga bisa difungsikan sebagai tempat penampungan air hujan. Marniati

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement