Rabu 08 Jul 2015 10:44 WIB

Al Azhar Peduli Ummat Resmikan Cabang DIY dengan Bagikan Becak

Rep: Hannan Putra/ Red: Indah Wulandari
Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) binaan Al Azhar Peduli Ummat
Foto: Al-Azhar Peduli Ummat
Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) binaan Al Azhar Peduli Ummat

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Al Azhar Peduli Ummat (APU) pusat meresmikan cabangnya di DI Yogyakarta.

"Acara dimulai dengan doa dan dzikir bersama kemudian dilanjutkan dengan santunan kepada 40 anak yatim,” ujar Media Relation APU Yeni Herlina dalam keterangan persnya kepada Republika, Rabu (8/7).

Acara yang digelar di Serambi Masjid DPRD DIY Malioboro, Senin, (6/7) ini dihadiri oleh anggota DPD RI Hafidh Asrom yang juga Ketua Pembina Paguyuban Kawasan Malioboro.

Peresmian APU DIY ini juga ditandai dengan pemberian bantuan becak kepada pengemudi becak yang biasa mangkal di depan Malioboro Mall dan jamaah Masjid DPRD DIY.

“Becak yang diserahkan sebanyak dua unit di tahap awal, selanjutnya ke depan secara bertahap akan diserahkan total 30 unit becak," jelas Yeni.

Wakil Direktur Eksekutif APU Sigit Iko Sugondo mengaku, dalam dua tahun pertama akan berfokus mendukung program 'Menuju Malioboro Gemilang untuk Jogja Istimewa'.

Program ini bertujuan membangun kawasan Malioboro menjadi kawasan wisata yang aman, nyaman dan menyenangkan, serta memberikan kemakmuran bagi komunitas dan masyarakat Yogya secara berkelanjutan.

Pembina Paguyuban Kawasan Malioboro Hafidh Asrom mengatakan, penyerahan bantuan becak bagian dari 'Kampanye Cintai Jogja, Sayangi Becak'. Program ini berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi, sosial dan keagamaan bagi pelaku sektor informal di kawasan Malioboro.

"Tujuannya agar semua pihak ikut serta melestarikan becak kayuh, salah satu moda transportasi tradisional ramah lingkungan. Becak juga pelestari dan penegas wajah istimewa Yogya," katanya.

Kampanye 'Cintai Jogja, Sayangi Becak' juga merupakan salah satu realisasi program tersebut. Selain itu juga dibuat website Malioboro Gemilang, yang secara khusus memberi informasi dan panduan kepada pengunjung agar bisa menikmati kawasan Malioboro.

"Kami juga mendorong penerapan one stop care bagi kebersihan lingkungan dan pengunjung," tambah Hafidh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement