Sabtu 10 Aug 2013 11:26 WIB

Calon Jamaah Haji Diminta Waspadai Penularan Virus Corona

Gambar coronavirus dalam ukuran mikroskopis
Foto: Reuters
Gambar coronavirus dalam ukuran mikroskopis

REPUBLIKA.CO.ID, REJANGLEBONG - Para Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, diimbau untuk mewaspadai penyebaran virus Corona yang saat ini sedang mewabah di Arab Saudi.

"Para CJH asal Kabupaten Rejanglebong diimbau untuk mewaspadai penyebaran virus Corona yang saat ini sedang merebak di Arab Saudi. Imbauan ini berasal dari Kemenkes-RI, setelah melihat adanya korban jiwa yang meninggaldunia di Arab Saudi akibat terinfeksi virus Corona," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Rejanglebong, Ahmad Juli, Sabtu.

Virus Corona yang sedang mewabah di Arab Saudi belakangan ini kata dia, secara keseluruhannya telah menelan korban jiwa dari negara-negara Arab dan beberapa negara lainnya sebanyak 44 orang meninggaldunia dan 88 orang lainnya terinfkesi.

Untuk itu kalangan CJH asal daerah itu diminta untuk meningkatkan kewaspadaan agar tidak tertular dengan jalan menjaga kebersihan serta berprilaku hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, menjaga stamina dan selalu menggunakan masker saat menjalankan ibadah haji di Arab Saudi.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan vaksinasi meningitis, kemudian memberikan vaksin influenza, karena virus ini menyerang melalui sistem pernafasan.

Sebelumnya Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kemenag Rejanglebong, M Yamin menjelaskan, CJH asal daerah itu akan berangkat melalui embarkasi Padang, Sumatera Barat, pada September 2013 nanti. Jumlah CJH daerah ini yang akan berangkat pada musim haji tahun ini terjadi pengurangan sebanyak 46 orang dari 230 menjadi 184 CJH.

Pengurangan kuota haji ini dialami seluruh CJH dari berbagai dunia yang dilakukan pihak kerajaan Arab Saudi, karena saat ini sedang dalam pengerjaan rehab berat Masjidil

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement