Rabu 06 Feb 2013 21:54 WIB

Lampung Bidik Target Embarkasi Penuh

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Bandara Radin Inten II, Lampung
Foto: WIJANARKO.NET
Bandara Radin Inten II, Lampung

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bertekad menjadikan Bandara Radin Inten II Branti siap sebagai  embarkasi haji penuh pada tahun ini. Upaya ini terlihat dari pengalaman tiga tahun memberangkatkan jamaah calon haji dari bandara embarkasi haji antara.

Kesiapan pemprov menjadikan Bandara Radin Inten II Branti menjadi embarkasi haji penuh setelah dilakukan perluasan landasan pacu bandara, dan melengkapi fasilitas bandara. Pemprov Lampung dalam master plan juga sudah membebaskan lahan untuk perluasan bandara seluas 300 hektare.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung, Albar Hasan Tanjung, Rabu (6/2), Bandara Radin Inten II akan dijadikan bandara embarkasi haji penuh. Permintaan persyaratan untuk menuju bandara embarkasi sudah dipenuhi pengelola bandara sekarang.

“Sudah tiga tahun ini, jadi bandara embarkasi haji antara, diharapkan jadi embarkasi haji penuh,” kata Albar.

Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP, menyatakan dukungan dari Kementerian Agama sangat diperlukan agar niat baik tersebut dapat terwujud pada tahun 2013.

Kuota haji Lampung masih di bawah 7.000 jamaah atau 6.282 jamaah untuk tahun 2012 lalu. Pada musim haji tahun lalu, kuota tidak tercapai haya 6.252 jamaah sudah termasuk petugas haji 70 orang dan jamaah lanjut usia 16 orang. Untuk musim haji tahun 2013, daftar tunggu haji Lampung sudah mencapai 42.289 jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement