Kamis 01 Nov 2012 15:04 WIB

Calhaj Lansia Jadi Prioritas Utama Haji 2013

Rep: Endah Hapsari/ Red: Dewi Mardiani
Jamaah Haji
Jamaah Haji

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah calon haji lanjut usia dipastikan akan menjadi prioritas utama dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun depan. ‘’Untuk persiapan penyelenggaraan haji 2013, jamaah lansia akan mendapatkan porsi khusus,’’ ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Anggito Abimanyu, belum lama ini.

Anggito menyebutkan, jamaah calon haji lansia akan mendapatkan prioritas berupa porsi awal untuk mendapatkan tempat dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun depan. Dengan begitu, lanjutnya, sekitar bulan Januari-Februari 2013 nanti diharapkan para calhaj lansia itu dapat diketahui jumlah pasti yang akan berangkat ke Tanah Suci. ‘’Mereka juga dipastikan akan berangkat bersama para pendampingnya,’’ ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali. Menurut Menag, jamaah lansia terutama mereka yang berusia 87 tahun ke atas. ‘’Jamaah berisiko tinggi seperti ini akan menjadi prioritas utama untuk berangkat ke Tanah Suci,’’ ujar Menag.

Lantaran masa tunggu yang lama, jamaah lansia yang berencana akan berangkat ke Tanah Suci pun kian banyak. Agar tidak menimbulkan risiko lebih tinggi lagi jika harus menunggu lebih lama, jamaah usia lanjut pun akan diutamakan untuk lebih dulu berangkat.

Menag mengungkapkan, pihaknya akan menelaah berapa jumlah jamaah lansia berusia 80 tahun ke atas yang tersisa pada penyelenggaraan haji 2013 nanti. ‘’Kami akan memperhitungkan berupa kuota yang dapat diberikan untuk jamaah lansia,’’ ujar dia.

Dengan asumsi tak ada penambahan kuota pada tahun depan, Suryadharma mengungkapkan, kuota yang tidak terserap itulah, yang diperkirakan sekitar 70-80 persen, akan diberikan pada jamaah usia lanjut tersebut. ‘’Intinya, kami akan memberikan kepastian pada jamaah usia lanjut untuk bisa berangkat ke Tanah Suci,’’ ungkap Menag.

Dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, jamaah lansia pun menjadi prioritas utama. Sepanjang ritual ibadah, jamaah lansia adalah kelompok yang paling rentan mengalami masalah gangguan kesehatan hingga menjadi sasaran kejahatan.

Lantaran itulah perlu ada penanganan khusus untuk menghadapi jamaah lansia agar mereka tetap dapat nyaman menunaikan ibadah haji. Maka, ketika ada usulan untuk membuat kloter khusus jamaah lansia, Menag Suryadharma Ali menyambut baik hal ini. ‘’Saya kira ini merupakan usulan yang baik. Kami akan mempertimbangkan ini,’’ ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement