Kamis 29 Sep 2011 12:01 WIB

Kuota Haji Kabupaten Bandung Hanya untuk Seperempat Pendaftar

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Chairul Akhmad
Jamaah haji di Makkah (ilustrasi).
Foto: Antara/Saptono
Jamaah haji di Makkah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Jumlah pendaftar haji di Kabupaten Bandung untuk tahun ini lebih dari 10.200 orang. Angka itu melebihi kuota untuk 2011, yaitu 2.489 orang.

"Jumlah tersebut sudah mencapai angka perkiraan untuk kuota 2016," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung, Cecep Kosasih, Kamis (29/9).

Hal itu diungkapkan Cecep saat menyampaikan laporannya pada acara Penutupan Bimbingan Manasik Haji Massal IV Kabupaten Bandung di Masjid Agung Al-Fath, Soreang.

Sekitar 7.700 orang pendaftar haji di Kabupaten Bandung tahun ini terpaksa harus menunggu giliran untuk musim haji berikutnya. Hal itu disebabkan kuota haji pada 2011 ini hanya mampu menampung seperempat dari total pendaftar di kabupaten tersebut.

Dengan demikian, kata Cecep, jumlah pendaftar haji di Kabupaten Bandung yang masuk ke dalam waiting list hingga tahun ini sudah tercatat sebanyak satu juta orang lebih.

Cecep masih mempertanyakan, apakah fakta itu berarti tingkat kesejahteraan di Kabupaten Bandung semakin membaik dari tahun ke tahun, atau semata-mata hanya memperlihatkan tingginya minat masyarakat di sana untuk berhaji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement