Ahad 28 Aug 2011 18:09 WIB

272 Calon Jamaah Haji Sumbar Belum Lumasi ONH

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumatera Barat mencatat sebanyak 272 orang dari 4.494 calon jemaah haji (CJH) provinsi itu belum melunasi pembayaran ongkos naik haji (ONH) 2011.

"Calon jemaah haji yang sudah melunasi hingga akhir tahap pertama pada 26 Agustus 2011 berdasarkan data sistem komputer haji (siskohaj) embarkasi-debarkasi Padang sebanyak 4.222 orang," kata Kepala Bidang Haji Kemenag Sumbar Jaferi Jarap kepada ANTARA di Padang, Ahad (28/8).

Ia menjelaskan, bagi calon jemaah yang belum melunasi ONH masih ada kesempatan setelah Lebaran Idul Fitri mulai yakni pada 6-9 September yang merupakan masa pelunasan ONH tahap II.

Apabila sampai akhir tahap II masih belum melakukan pelunasan ONH, maka dipastikan akan masuk tahap III yang kuotanya akan diperebutkan di pusat. Artinya peluang bagi calon jemaah melalaikan tipis sekali.

"Kita imbau agar calon jemaah haji segera melunasi di tahap II nanti. Kita jjuga sudah mengirimkan surat melalui Kemenag kabupaten dan kota," katanya.

Selain itu, informasi melalui media massa juga diharapkan dapat mengingatkan calon jemaah haji untuk melakukan pelunasan ONH. "Kita juga sudah mengingatkan pihak perbankan tempat pembayaran ONH supaya dapat memberi tahu para nasabahnya," katanya.

Menyinggung tahapan persiapan haji Sumatera Barat pada 2011, Jaferi menambahkan, pembuatan paspor calon jemaah haji sudah sampai 90 persen. Pihaknya optimistis sampai pertengahan September 2011 semua paspor CJH Sumbar sudah selesai dan sampai di siskohaj embarkasi/debarkasi Padang.

Bahkan, kata Jaferi, pengerjaan paspor CJH Sumbar merupakan yang tercepat atau mencapai 90 persen pada musim haji 2011. Menyoalkan masa tunggu jemaah haji di Provinsi Sumbar, Jaferi menyebutkan hingga kini sudah sampai pada tahun 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement