Kamis , 30 November 2017, 13:53 WIB

MUVON, Aplikasi Muhammadiyah untuk Umat Islam

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari
wikipedia
Muhammadiyah
Muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MUVON adalah sebuah aplikasi mobile berbasis teknologi Over the Top, yang dikembangkan atas kerjasama antara TV Muhammadiyah dengan Digital Media Corp dan Digital Creative Asia. MUVON memiliki makna 'Muhammadiyah Vision' di mana penciptaan Aplikasi Mobile MUVON dilandasi oleh visi mengembangkan ekosistem gaya hidup halal (halal life style), dengan dukungan teknologi Over the Top (OTT).

Kepala proyek MUVON, Khairullah menyatakan, aplikasi ini bertujuan meningkatkan taraf hidup umat dengan berlandaskan ekonomi syariah, memberikan manfaat dan menebar kebaikan untuk seluruh umat dengan dimotori oleh keluarga besar Muhammadiyah. Ia mengklaim, MUVON adalah aplikasi mobile over the top muslim pertama yang mengintegrasikan beberapa fitur layanan mobile dalam satu aplikasi, yang terdiri dari fitur LIVE TV dan VOD, Market Place, Social Media serta Search Engine.

''MUVON akan memberikan beberapa layanan yang bermantaat bagi para penggunanya, dengan variasi menu aplikasi yang bermantaat bagi umat muslim seperti pencarian masjid, sekolah muslim, rumah sakit muslim dan panti asuhan,'' jelas Khairullah, dalam peluncuran MUVON, di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (30/11).

Adapun menu menu lain pada MUVON MobileApp yang tak kalah bermantaat bagi pedagang muslim yaitu PASARMU. Di menu ini, pedagang muslim dapat berdagang dengan gratis alias tidak dipungut biaya. Selain itu menu lainnya bisa membantu dalam transaksi keseharian misalnya membayar tagihan listrik, air, pulsa dan lain lain

Bagi para pemuda-pemudi muslim yang saat ini sedang tidak memiliki pekerjaan, di MUVON terdapat JOBMU, dimana menu JOBMU ada banyak relerensi pekerjaan yang halal dan peluang untuk berwirausaha bagi yang ingin berwirausaha. Selain itu, ada juga menu BillMu, KoperasiMu, CJMu, LazisMu, serta KeluargaMu.

''Saat ini MUVON sudah tersedia di android playstore dalam bentuk beta (uji coba) dan akan bisa dinikmati pengguna pada akhir Februari 20l8,'' ungkap Khairullah.

Direktur utama TVMu, Gatot Triyanto menyatakan, aplikasi ini merupakan bagian dari hadiah ulang tahun TVMu, yang pada 18 November lalu berusia 4 tahun. Ia mengatakan, aplikasi berbasis teknologi OTT ini, hasil kerjasama anrara TvMu dengan DMC, serta D & C Asia.

''Perjalanannya relatif singkat, pada awal agustus (idenya), tapi intensif pertemuannya. Ini mau tidak mau, karena TVMu sudah memiliki beberapa platform selain digital, seperti Indihome, Big tv, MNC play, Streaming dan Usee TV,'' jelas dia.

Menurut Gatot, dengan adanya MUVON, merupakan sebuah loncatan bagi Muhammadiyah. Karena Aplikasi tersebut mengusung teknologi yang tercanggih saat ini. ''Karena baru berusia 4 tahun, sudah langsung loncat ke sistem digital. Banyak yang bisa dinikmati di MUVON ini,'' ucap Gatot.