Senin 28 Mar 2016 06:34 WIB

5 Pedang Peninggalan Rasulullah di Museum Istanbul

Rep: C39/ Red: Ilham
Pedang Al-Mathur
Foto: Seerah
Pedang Al-Mathur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama menyebarkan agama Islam, Rasulullah Muhammad SAW telah banyak mengikuti peperangan melawan orang-orang kafir. Beliau telah berjuang untuk membesarkan nama Islam hingga beliau wafat pada usia 63 tahun.

Dalam masa peperangan tersebut, beliau mempunyai setidaknya sembilan pedang yang saat ini masih tersimpan dengan baik. Berikut lima dari sembilan pedang peninggalan Rasulullah Saw, seperti dilansir dari laman Seerah, Senin (28/3).

1. Pedang Al-Mathur

Al-Ma'thur atau dikenal juga sebagai "Ma'thur al-Fijar" adalah pedang yang dimiliki oleh Nabi Muhammad sebelum menerima wahyu pertama di Makkah. Pedang ini merupakan peninggalan ayahnya, dan sekarang masih tersimpan di museum Topkapi, Istanbul, Turki.

Saat nabi berhijrah dari Mmakkah ke Madinah, pedang ini bersama dengan peralatan perang lainnya kemudian diberikan kepada Ali bin Abi Thalib. Pedang ini memiliki panjang 99 sentimeter. Pegangannya berbentuk dua ular dari emas dan bertahtakan zamrud dan pirus. Di dekat pegangan tersebut tertulis nama ayahnya, Abdullah bin Abd al-Mutalib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement