Selasa 23 Jun 2015 17:22 WIB

Mobile Masjid Solusi Minim Fasilitas Ibadah

Rep: c01/ Red: Agung Sasongko
Shalat berjamaah di Mobile Masjid, di Loop Station Telkomsel, Kota Bandung, Selasa (16/6).  (Republika/Edi Yusuf)
Shalat berjamaah di Mobile Masjid, di Loop Station Telkomsel, Kota Bandung, Selasa (16/6). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Selama Ramadhan, Mobile Masjid menjadi satu pemandangan menarik di Kota Bandung. Mobile Masjid merupakan satu layanan gratis yang menyediakan fasilitas untuk menunaikan ibadah shalat bagi masyarakat Kota Bandung.

Dalam beroperasi sebagai masjid on the spot , mobil masjid keliling ini dilengkapi fasilitas lengkap untuk beribadah bagi umat Muslim. Di antaranya, Mobile Masjid dilengkapi dengan tangki air berkapasitas 500 liter, pompa air, dua keran wudhu untuk jamaah pria, satu keran beserta bilik wudhu untuk jamaah wanita, beberapa gulungan karpet sebagai sajadah, soundsystem untuk adzan dan beberapa fasilitas lain.

Dalam beroperasi, Mobile Masjid juga memilih titik yang ramai dikunjungi warga namun minim fasilitas ibadah. Karena itu, sejak awal kemunculannya, mobil masjid keliling ini berhasil menyedot perhatian warga Kota Bandung.

Yayasan Masjid Nusantara (YMN) merupakan pihak di balik lahirya ide kreatif Mobile Masjid. Direktur YMN Muhammad Sobirin menyatakan awal mula tercetusnya ide Mobile Masjid  karena ingin mengamalkan pesan berlomba dalam kebaikan. Sobirin menyatakan momentum Ramadhan dipilih YMN untuk melaunching Mobile Masjid karena kegiatan ngabuburit dan buka puasa bersama justru kerap menjadi alasan seseorang meningalkan shalat maghrib.

"Kasus ini kami angkat di Ramadhan ini sebagai trigger menghadirkan Mobile Masjid. Semoga mempermudah warga untuk shalat di mana pun, kapan pun," terang Sobirin saat ditemui di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat di Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement