Selasa 03 Mar 2015 18:14 WIB

Replika Kabah Sumsel Selesai Dibangun

Rep: Maspril Aries/ Red: Agung Sasongko
Replika Ka’bah dengan ukuran sebenarnya di kawasan terpadu embarkasi haji Sumatera Selatan (Sumsel) sudah selesai dibangun.
Foto: Republika/Maspriel Aries
Replika Ka’bah dengan ukuran sebenarnya di kawasan terpadu embarkasi haji Sumatera Selatan (Sumsel) sudah selesai dibangun.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Rencana Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki replika Kabah di kawasan terpadu embarkasi haji Sumsel akhirnya teralisasi. Replika Kabah tersebut sudah berdiri kokoh tidak jauh dari asrama haji Sumsel.

“Pembangunan replika Kabah sudah selesai dibangun dan akan dilanjutkan dengan pembangunan lintasan tawaf dan lintasan sai yang tidak jauh dari lokasi replika Ka’bah,” kata Augie Bunyamin Direktur PD Swarna Dwipa yang menjadi pengelola komplek asrama haji embarkasi Sumsel, Selasa (3/3).

Peletakan batu pertama pembangunan replika Kabah dengan ukuran sebenarnya dilakukan Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada 17 Mei 2014 bersamaan dengan peresmian mock up pesawat haji tipe Airbus 330-200 di komplek asrama haji Sumsel.

Gubernur Alex Noerdin menjelaskan, di kawasan terpadu embarkasi haji Sumsel selain dibangun //mock up// pesawat haji juga dibangun replika Ka’bah dengan ukuran sebenarnya dan lintasan sai dengan ukuran sebenarnya, museum sejarah Islam, dan hotel syariah.

Menurut Augie Bunyamin setelah pembangunan replika Ka’bah selesai pembangunannya juga akan dilanjutkan dengan pembangunan lintasan tawaf dan sai. “Untuk lintasan tawaf dan sai untuk pembangunannya sekarang sedang dalam proses tender,” katanya.

Sementara itu menurut Asisten III Sekretaris Daerah (Sekda) bidang kesra Sumsel Achmad Najib, “Sekarang sedang memasuki tahap proses tender untuk pembangunan lintasan sai. Insya Allah pada Maret ini sudah bisa dimulai pembangunannya.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement