Senin 20 Oct 2014 17:16 WIB

Istana Golestan Jejak Imperium Persia Islam (1)

Istana Golestan di Teheran, Iran.
Foto: Iranreview.org/ca
Istana Golestan di Teheran, Iran.

Oleh: Amri Amrullah    

Islam telah memberi corak baru dalam gaya arsitektur imperium Persia di kawasan Iran.

Salah satu mahakarya arsitektur Islam di tanah taklukan Khalid bin Walid pada masa Islam Khulafaur Rasyidin ini adalah Istana Golestan.

Istana ini menyimpan sejarah panjang perkembangan dan penaklukan berbagai dinasti di Iran selama masa kekuasaan Islam abad pertengahan hingga modern.

Salah satu peninggalan yang saat ini masih terlihat di istana ini adalah integrasi karya seni bangunan zaman Persia awal dengan bangunan bergaya Barat.

Istana berbenteng ini merupakan salah satu bangunan tertua di Teheran, Iran. Istana ini pernah menjadi pusat pemerintahan Dinasti Qajar (1781-1925) dan sukses membesarkan Teheran hingga menjadi ibu kota negara ini.

Istana ini dibangun sarat dengan suasana alam, penuh dengan taman bunga, dan dilengkapi dengan kolam-kolam saluran air yang umum pada bangunan istana Islam pada abad pertengahan.

Sebagian besar sisi bangunan istana menampilkan ornamen campuran yang kaya dengan karya seni tradisional Persia dan unsur arsitektur abad ke-19. Hal ini menjadikan seniman dan arsitek Iran mengagumi bangunan istana ini dan menjadikannya sumber inspirasi bangunan khas Iran hingga saat ini.

Istana Golestan terdapat di wilayah paling tua dan bersejarah di jantung Kota Teheran. Istana ini yang dibangun pada awal Dinasti Safawiyah (1501-1736 Masehi) dengan model kota yang dikelilingi benteng.

Saat bangunan istana menjadi pusat pemerintahan Dinasti Qajar (1781-1925 Masehi), bangunan ini kemudian mengalami pengembangan dan pemugaran dengan penambahan sentuhan khas abad ke-19.

Saat ini, Istana Golestan memiliki delapan struktur bangunan kunci yang mana sebagian besar bangunan kini telah digunakan sebagai museum dan pusat taman hijau yang terlindung oleh kokohnya tembok istana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement