Selasa, 8 Sya'ban 1439 / 24 April 2018

Selasa, 8 Sya'ban 1439 / 24 April 2018

Uniknya Masjid di Sukabumi, Akuarium Jadi Pagar

Senin 19 Maret 2018 06:09 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ani Nursalikah

Masjid At Taqwa di Kompleks Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kota Sukabumi memiliki keunikan karena pagarnya merupakan akuarium.

Masjid At Taqwa di Kompleks Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kota Sukabumi memiliki keunikan karena pagarnya merupakan akuarium.

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Kehadiran pagar akuarium ini menjadi daya tarik bagi jamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebuah masjid di Kota Sukabumi memiliki keunikan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga untuk berkunjung. Masjid ini dibangun dengan konstruksi yang unik karena pagarnya merupakan akuarium yang berisi ikan hias yang cantik.

Selain beribadah, warga juga bisa melihat ikan di dalam akuarium yang berada di pagar halaman masjid. Masjid tersebut adalah Masjid At Taqwa yang berada di kompleks Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kota Sukabumi. BBPBAT merupakan lembaga yang berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan.

photo

Masjid At Taqwa di Kompleks Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kota Sukabumi memiliki keunikan karena pagarnya merupakan akuarium. (Republika/Riga Nurul Iman)

"Pagar masjid yang berbentuk akuarium ini selesai dibangun Januari 2018," kata Wakil Ketua II Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid At Taqwa yang juga seorang perekayasa teknologi Bioflok BBPBAT, Adi Sucipto kepada Republika.co.id, Ahad (18/3).

Keberadaan pagar akuarium ini hadir bersamaan dengan renovasi bangunan masjid yang dilakukan pada tahun lalu. Masjid At Taqwa dibangun pada 1992 dan diresmikan pada 5 Maret 1993. Seiring dengan perjalanan, masjid ini dilakukan renovasi dan terakhir selesai dilakukan pada awal 2018. 

Adi menerangkan, pemasangan akuarium di pagar masjid ini dilakukan untuk mempercantik bagian eksterior. Terlebih, BBPBAT merupakan balai yang bergerak di bidang perikanan sehingga sangat berkaitan.

photo

(Republika/Riga Nurul Iman)

Adi mengatakan, pengurus masjid berupaya membuat konsep dengan membuat pagar akuarium. Saat ini, jumlah akuarium yang mengelilingi masjid sebanyak 15 unit.

Di dalam akuarium ini terdapat beragam jenis ikan hias. Misalnya, jenis ikan Memphis, Koki, Platy, Guppy, Sapu dan ikan lainnya.

Menurut Adi, ukuran akuarium sengaja dibuat kecil agar tidak cepat kotor dan berlumut. Pengoperasian akuarium ini dijalankan dengan mesin pompa kecil untuk sirkulasi ikan dan menggunakan magnet.

Pagar akuarium ini semakin cantik dan indah dipandang pada malam hari. "Kalau malam hari ada pencahayaan yang menarik," kata dia.

Kehadiran pagar akuarium ini menjadi daya tarik bagi warga atau jamaah masjid yang datang beribadah. Mereka menjadi betah berlama-lama di masjid untuk melihat ikan hias di akuarium setelah selesai menjalankan ibadah. 

Pada sore hari anak-anak yang belajar mengaji dan ilmu agama di masjid juga makin bersemangat karena melihat akuarium. Masjid ini menggiatkan kajian agama setiap Rabu malam yang dihadiri banyak jamaah.

photo

(Republika/Riga Nurul Iman)

Selain pagar akuarium, Masjid At Taqwa juga mempunyai kelebihan lainnya. Sarana toilet dan wudhu untuk para wanita dibangun dengan konsep mewah seperti di hotel. Sementara di dalam masjid terdapat lampu hias yang mewah dan menarik untuk dilihat.

Salah seorang warga di sekitar Masjid At Taqwa, M Dodi (35 tahun) mengatakan, keberadaan pagar masjid berbentuk akuarium ini terkesan lebih menarik. "Masjid menjadi lebih nyaman dan membuat betah umat Muslim beribadah," kata dia.

Dodi menerangkan, warga yang berkunjung ke masjid biasanya akan ramai pada momen hari libur seperti Sabtu dan Ahad. Pada akhir pekan banyak pengunjung yang datang untuk sekadar rekreasi secara murah-meriah dengan melihat pagar masjid berbentuk akuarium.

Warga lainnya, Rahmat (43) mengatakan, keberadaan pagar akuarium ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi sarana ibadah di Sukabumi. "Warga beribadah dengan nyaman dan bisa melihat pemandangan akuarium," ujar dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES