Ahad , 10 December 2017, 19:50 WIB

Penolakan Terhadap Ustaz Abdul Somad Cederai Pancasila

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bayu Hermawan
Youtube
Ustaz Abdul Somad
Ustaz Abdul Somad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penolakan safari dakwah Ustad Abdul Somad di Pulau Bali, oleh anggota ormas setempat mendapat kecaman keras sejumlah kalangan. Penolakan tersebut justru mencederai nilai-nilai Pancasila dan dapat merusak kerukunan umat beragama di Indonesia.

"Tindakan tersebut menciderai kebhinekaan yang ada di Indonesia," kata Ketua Umum Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI), Farhan Hasan dalam siaran pers, Ahad (10/12).

Farhan menyayangkan tindakan yang dilakukan sejumlah ormas di Bali terhadap Ustaz Abdul Somad. Menurutnya, tak sepatutnya tokoh agama diperlakukan seperti itu.

"Bayangkan, seorang tokoh agama diperlakukan seperti itu? Ada ancaman dan fitnah. Kami meminta aparat hukum menindak tegas tindakan-tindakan yang menyebabkan hal-hal intoleran tersebut dan persekusi semacam itu beserta aktor intelektualnya, karena akan memicu konflik horizontal," tegasnya.

Farhan melanjutkan, selama ini umat Hindu di Bali memiliki sikap paling toleran terhadap tamu-tamu yang datang ke Bali. Hal ini jangan sampai ternodai oleh perbuatan beberapa kelompok 'preman' yang memprovokasi untuk memecah belah bangsa dan bertentangan dengan norma-norma pancasila.

"Kami berharap di Indonesia terwujud keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini," ujar Farhan.