Rabu , 15 November 2017, 10:53 WIB

Arab Saudi Setujui Yoga Sebagai Kegiatan Olahraga

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani
baltyra.com
Yoga. Ilustrasi
Yoga. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Perdagangan dan Industri Saudi menyetujui kegiatan dan praktik yoga di Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi menambahkan yoga sebagai kegiatan olahraga pada Selasa (13/11) lalu.

Dilansir dari The Siasat Daily, kebijakan itu memungkinkan warga negara berlatih yoga. Pun masyarakat diperkenankan menjadi pelatih setelah mendapat lisensi dari pemerintah.

Misi diplomatik India pada 21 Juni 2015 menyelenggarakan Hari Yoga di sekolah-sekolah Arab Saudi. Nouf Al Marwaai menjadi wanita Arab Saudi pertama mengajar yoga di negara itu. Nouf dianggap sebagai pendorong mendapatkan persetujuan kementerian itu.

Sebelumnya, seorang praktisi yoga Muslim dari Ranchi, Jharkhand, Rafia Naaz diduga terancam usai memberikan pernyataan berlatih yoga di salah satu saluran TV. Bahkan, ulama setempat mengeluarkan fatwa terhadap Naaz. Rafia Naaz mendapat ancaman tak lama usai memberi pernyataan di sebuah saluran TV.

Ancaman pada Rafia Naaz kembali terjadi pada Sabtu (11/11) lalu. Sejumlah orang melempari batu dan meneriaki jargon semu ke rumah Rafia Naaz. Rafia Naaz terjebak sebuah kontroversi usai muncul di salah satu stasiun TV. Massa yang marah berkumpul di luar rumah praktisi yoga itu. Sejumlah massa melempari batu rumah Naaz.