Selasa , 14 November 2017, 07:16 WIB

Empat Indikator Kesuksesan Menurut Alquran

Red: Irwan Kelana
Dok Ponpes Said Yusuf
Pimpinan Ponpes Said Yusuf Depok, Ustaz Saroni SAg, MPd.
Pimpinan Ponpes Said Yusuf Depok, Ustaz Saroni SAg, MPd.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Anda ingin sukses? Tak harus jauh-jauh mencari kuncinya. Allah SWT memberikan kunci-kunci kesuksesan melalui ayat-ayatnya yang bertebaran di dalam Alquran. "Salah satunya adalah Surat Quraisy,” kata Pimpinan Pondok Pesantren Said Yusuf Depok Ustaz HM Saroni NA SAg, MPd.

Ia mengutarakan hal tersebut  saat memberikan kajian tafsir juz ‘amma (juz ke-30) surat Quraisy di Masjid Said Yusuf, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Ahad (12/11).

Surat Quraisy adalah surat ke-106 di dalam Alquran. Terjemah Surat Quraisy ayat 1-4 sebagai berikut: Karena kebiasaan orang-orang Quraisy (1),  (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas (2), Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah) (3), Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan (4).

“Surat Quraisy ini membahas empat indikator kesuksesan atau kesejahteraan orang beriman,” ujar Saroni. Pertama, orang sukses itu adalah orang yang mau dan giat bekerja.

Kedua, beribadah sungguh-sungguh kepada Allah. “Ketiga, kedaulatan pangan atau makanan  bisa kita miliki dengan baik. Artinya,  orang beriman mampu menguasai perekonomian,” tuturnya.

Keempat, .adanya ketenangan jiwa yang kuat.  “Dengan empat pilar yang dimiliki orang beriman ini,  pasti kesejahteraan hidup akan diraih. Wallahu a’lam,”  papar Saroni.

Berita Terkait