Kamis , 19 Oktober 2017, 17:00 WIB

Sabda Rasulullah: Berwudhu Menggugurkan Dosa

Red: Agung Sasongko
Wudhu (ilustrasi).
Wudhu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Adalah Amr bin Abasah yang bertanya kepada Rasulullah SAW dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim. "Wahai Rasulullah beri tahukan kepadaku tentang wudhu."

Pertanyaan Amr ini akan menjadi sejarah sekaligus kabar gembira bagi umat. Kabar gembira karena jawaban sang Nabi SAW nantinya akan mengurai panjang fadilah wudhu dalam menggugurkan dosa-dosa anggota tubuh.

"Tidaklah salah seorang dari kalian mendekati air wudhunya, kemudian berkumur-kumur, memasukkan air ke hidungnya lalu mengeluarkannya kembali, melainkan gugurlah dosa-dosa di (rongga) mulut dan rongga hidungnya bersama air wudhunya," kata Rasulullah SAW.

Aduhai mulut dan rongga hidung. Betapa banyak dosa yang telah dihasilkan dari kedua organ yang menempel dengan tubuh kita ini. Betapa banyak kata tajam yang menyakiti hati saudara seiman.

Rasanya mudah sekali lisan ini mengucap sumpah serapah hanya karena anak kita berbuat kesalahan. Tak jarang mulut kita membentak orang tua yang sudah uzur saat kesadaran mereka seolah kembali seperti anak kecil. Lisan kita mungkin salah satu anggota tubuh yang amat banyak menghasilkan noda dan dosa.