Ahad , 08 October 2017, 22:31 WIB

TGB Sebut KH Hasyim Muzadi Sebagai Gurunya

Rep: M Nursyamsyi/ Red: Endro Yuwanto
Antara/Syaiful Arif
KH Hasyim Muzadi
KH Hasyim Muzadi

REPUBLIKA.CO.ID,  MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi belum lama ini berkunjung ke Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat.

Pria yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB) mengatakan, kedatangannya ke Ponpes Al Hikam tak semata memberi orasi ilmiah pada acara wisuda sarjana Angkatan II STKQ Al-Hikam Depok, melainkan juga mengandung nilai Wafa atau memenuhi janji seorang murid kepada gurunya, yakni KH Hasyim Muzadi.

Bagi TGB KH Hasyim Muzzadi adalah gurunya. "Beliau saya anggap sebagai guru saya. Beliau adalah guru yang cinta pada murid-muridnya, beliau sangat ringan langkahnya untuk memenuhi undangan murid-muridnya termasuk diri saya," ujar TGB dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Mataram, NTB, Ahad (8/10).

TGB menyadari, kebesaran KH Hasyim Muzadi salah satunya adalah karena keikhlasan untuk terus turun membimbing dan mengayomi umat bahkan hingga akhir hayatnya. Oleh karena itu, dalam kunjungannya ini, TGB menyempatkan diri melakukan ziarah kubur ke makam KH Hasyim Muzadi.

Adapun dalam orasi ilmiahnya, TGB menyampaikan bahwa silaturahmi merupakan kerangka yang baik dalam menyambung titik-titik kekuatan umat. "Semoga silaturahim saya ke pondok pesantren ini mengandung nilai Wafa saya kepada KH Hasyim Muzadi," kata TGB menambahkan.