Kamis 05 Oct 2017 15:30 WIB

Pentingnya Pendidikan dalam Islam

Rep: Lida Puspaningtyas/Berbagai Sumber/ Red: Agung Sasongko
Pendidikan/Ilustrasi
Pendidikan/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Baca baca! Dalam nama Tuhanmu, yang telah menciptakan (semua yang ada). Dia telah menciptakan manusia dari bekuan darah (sepotong darah tebal). Baca baca! Dan Tuhanmu Maha Pemurah, yang telah mengajarkan, Dia telah mengajarkan manusia yang dia tidak tahu. "(Quran 96: 1-5)

Kata pertama Alquran yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW adalah baca. Baca dalam nama Tuhanmu. Tuhan meminta orang-orang beriman untuk membaca, mencari pengetahuan, merenungkan alam semesta serta keajaibannya, dan bersyukur.
 
Sejak hari pertama, Islam telah mendorong literasi dan pendidikan. Dalam Kitab Suci Alquran, Allah berulang kali menekankan pentingnya pendidikan. "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang telah diberi pengetahuan." (Quran 58:11)
 
"Dan jangan tergesa-gesa (wahai Muhammad) dengan Alquran sebelum wahyu itu selesai bagimu, dan katakan," Tuhanku! Tingkatkan aku dalam pengetahuan. "(Quran 20: 114)
 
Sejak awal, Islam telah mendorong pembelajaran. Ini mendorong pada penelitian ilmiah, membuka lingkaran belajar, pemanfaatan sumber daya masyarakat, pendekatan pemecahan masalah, bercerita dan pendidikan gratis.
 
Pentingnya pembelajaran dalam Islam ini berdasar pada fakta bahwa Nabi Muhammad menjadikan pendidikan sebagai bagian integral dari Islam. Nabi Muhammad mendirikan Sesi Pengetahuan pertama di Dar'ul Arqam.
 
Dia akan duduk di masjid setelah sholat, teman-temannya berkumpul di sekelilingnya. Nabi Muhammad mengajari mereka tentang dasar-dasar Islam, pentingnya moralitas dan yang terpenting Keesaan Tuhan.
 
Nabi Muhammad mengajarkan para siswa dalam syair pengetahuannya tentang ayat-ayat Alquran. Tak hanya di tempat itu, Nabi Muhammad juga menekankan pemerataan pendidikan. Ia mengirim guru Alquran ke komunitas-komunitas di luar Mekkah dan Madinah.
 
Menghafal dan memahami Quran menjadi pelajaran terpenting dalam pendidikan Islam. Selanjutnya umat Islam belajar dan menghafal hadis Nabi Muhammad. Apa yang ia ajarkan, contohkan dan kebiasaan apa ia sering lakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement