Ahad 01 Oct 2017 23:19 WIB

Perintah Berbuat Baik

Rep: Rah at Fahar/ Red: Agung Sasongko
Hijrah
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Hijrah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Allah SWT dalam beberapa firman-Nya memerintahkan kepada manusia untuk menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sebagai khalifah fil ardhi, umat manusia diperintahkan agar selalu berbuat baik.

Menjalankan tuntunan agama merupakan anjuran besar bagi setiap orang beriman. Karena itu adalah kerugian bagi umat Islam jika selama hidupnya di dunia tidak memfokuskan diri beribadah ke pada Allah.

Salah satu perintah agar manusia selalu berbuat baik seperti tertuang dalam Alquran surah al-An'am ayat 151. "Katakanlah,'Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhan mu, yaitu: janganlah kamu memper sekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu dan bapak, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezeki kepa damu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang tampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diha ramkan Allah (membunuhnya) melain kan dengan sesuatu (sebab) yang benar'. Demikian itu yang diperintahkan kepa da mu supaya kamu memahami-(Nya)."

Ustaz Haikal Hasan dalam sebuah kajian Forum Pemuda Remaja (Kafe) Masjid Agung at-Tin, Jakarta Timur, ber tema "Garis Finish: Sudahkah berkarya untuk-Nya", Ahad (24/) mengajak kepada para pemuda Muslim untuk selalu men dekatkan diri kepada Allah. Ustaz Haikal berharap pemuda Muslim mengisi waktu libur dengan hal-hal bermanfaat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement