Rabu , 27 September 2017, 00:05 WIB

Dubes: Hubungan Indonesia-Saudi Sangat Baik

Red: Agung Sasongko
Republika/ Wihdan Hidayat
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengetes hafalan santri saat pertemuan di Kediaman Kedutaan Arab Saudi, Jakarta, Senin (8/5) malam.
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengetes hafalan santri saat pertemuan di Kediaman Kedutaan Arab Saudi, Jakarta, Senin (8/5) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi menegaskan hubungan Indonesia-Arab Saudi dalam kondisi yang sangat baik dan layaknya dua orang saudara.

"Pada level formal, hubungan Indonesia-Arab Saudi dalam kondisi yang sangat baik. Hubungan kedua negara layaknya dua orang saudara," ujar Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi saat merayakan Hari Nasional Ke-87 Arab Saudi di Jakarta, Selasa (27/9).

Perayaan Hari Nasional Arab Saudi dimulai dengan menyanyikan lagu nasional Arab Saudi Aash al Maleek yang dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya. Setelah menyanyikan lagu nasional kedua negara, acara dilanjutkan dengan pembacayaan ayat suci Alquran.

Dalam pidatonya, Duta Besar Osama mengatakan Hari Nasional sebenarnya memiliki makna yang berbeda bagi rakyat negeri kerajaan tersebut karena pada hari tersebut menandakan penyatuan antara umat dan Jazirah Arab.

Hari nasional bagi Arab Saudi bukanlah hari kemerdekaan, melainkan hari uniletarisasi umat dan Jazirah Arab, saat Kerajaan Arab Saudi mempresentasikan 90 persen dari luas wilayahnya yang belum pernah dijajah oleh asing.

Namun, yang terjadi adalah perpecahan antara dua kekuatan yang saling berperang, katanya.
Osama mengatakan bahwa hal itulah yang membuat Raja Abdulaziz bin Abdulrahman al Saud meluncurkan kampanye pada tahun 1920 untuk mempersatukan wilayahnya. Dari sanalah bangkit sebuah negara bernama Arab Saudi. Semenjak itu menjadi salah satu motor ekonomi terkuat di Timur Tengah.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan memberikan ucapan selamat atas perayaan Hari Nasional Arab Saudi yang jatuh setiap 23 September. Jonan yang mewakili Pemerintah Indonesia mengatakan bahwa persahabatan Arab Saudi dan Indonesia terlihat ketika kunjungan Raja Salman pada bulan Maret lalu.

Semua rakyat Indonesia saat itu sangat menyambut kunjungan dari Penjaga Dua Masjid Suci tersebut.
"Atas nama rakyat dan pemerintah Indonesia, saya ingin memberikan ucapan selamat atas perayaan Hari Nasional Arab Saudi," pungkasnya

Sumber : Antara

Berita Terkait