Kamis , 21 September 2017, 15:50 WIB

12 Ribu Pegawai Pajak Bertilawah Sambut Tahun Baru Hijriyah

Rep: Fuji E Permana/ Red: Andi Nur Aminah
Antara/Adeng Bustomi
Gerakan khatam Alquran (ilustrasi)
Gerakan khatam Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memeringati tahun baru Hijriyah 1 Muharam 1439 H, sejumlah karyawan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menggelar tilawah bersama di seluruh wilayah Indonesia. Sekitar 12 ribu karyawan DJP dari Sabang sampai Merauke itu bertilawah pada Rabu (20/9).

Inisiator Kegiatan Karyawan Pajak Bertilawah, Ismail mengatakan, kegiatan tersebut dilatarbelakangi keinginan dari pegawai DJP yang tergabung dalam sejumlah grup di medsos untuk bertilawah. Jadi, ada keinginan dari beberapa pegawai DJP yang ingin membudayakan kegiatan tilawah atau khatam membaca Alquran.

"Tilawah ini sebenarnya sudah biasa dilakukan melalui grup WA di Kota Gresik dan beberapa unit kerja lainnya. Namun kali ini terkait peringatan tahun baru Hijriyah dilakukan serentak di 366 unit kerja dari Sabang sampai Merauke," kata Ismail melalui keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Kamis (21/9).

Ia menyampaikan, acara tilawah pegawai DJP mendapat respons yang antusias dari seluruh pegawai di daerah yang ada di Indonesia. Padahal pendaftaran baru dibuka melalui media sosial pada Jumat (15/9). Tapi sudah mendapat respons yang sangat luar biasa, hingga akhir pendaftaran pada Senin (18/9) malam sudah terdaftar 360 unit kerja di lingkungan DJP dari Sabang sampai Merauke.

Ia mengungkapkan, diharapkan dengan tilawah bersama membaca Alquran pegawai DJP dari seluruh wilayah Indonesia, kehidupan religius masyarakat Indonesia semakin membaik. "Kita awali tahun baru Islam dengan perbuatan amal baik melalui tilawah agar kita selalu mendapat perlindungan Allah SWT," ujarnya.