Rabu 04 Oct 2017 10:59 WIB

Ini Lima Resolusi untuk Perbaiki Diri!

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agus Yulianto
 Warga Pekayon Bekasi berkeliling kota saat pawai menyambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1435 di Bekasi, Jawa Barat belum lama ini (Ilustrasi)
Warga Pekayon Bekasi berkeliling kota saat pawai menyambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1435 di Bekasi, Jawa Barat belum lama ini (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini, Islam baru saja merayakan Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah. Kebanyakan, umat Muslim merenungkan tentang bagaimana mencapai apa yang sudah direncanakan seperti dalam hal pekerjaan, kesehatan, hubungan, dan lainnya.

Pada kenyataannya, umat Muslim tidak memerlukan tahun baru atau acara khusus, untuk membuat resolusi dalam melakukan atau mencapai hal baik. Hal itu bisa dilakukan seketika!

Resolusi yang umum seperti mengurangi berat badan, berhenti merokok, memiliki badan six pack, dan lainnya, sebagian besar melibatkan manfaat kesehatan atau memperbaiki gaya hidup. Tetapi, ada juga resolusi dalam hal ingin memberi lebih banyak amal, ingin lebih dekat dengan keluarga, atau meningkatkan kepuasan pribadi dengan jalan-jalan, dan lainnya. Sebelum mewujudkan semua resolusi itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan umat muslim seperti berikut.

Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita menetapkan sasaran atau target untuk diri kita sendiri? Jika demikian, apakah itu karena tahun baru saja? Apakah kita harus menunggu tahun baru untuk mengaturnya? Apakah ada sesuatu tentang diri kita yang ingin kita tingkatkan? Tidak ada manusia yang sempurna!

Sebagai umat Islam, kita idealnya menetapkan tujuan tidak hanya bagi kesejahteraan materiil kita saja, tetapi yang lebih penting bagi spiritual kita. Artinya, bukan berarti kita tidak peduli dengan materiil, namun kita harus terus mengingat bagaimana keberlanjutan hidup yang terbentang di depan, begitu mata kita tertutup dari tempat fana yang sementara ini.

Ya, tetapkan tujuan yang tinggi baik untuk kemajuan Spiritual maupun Materiil kita. Alquran mengatakan: Ya Tuhan kami! Berikan kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan dalam kehidupan yang akan datang dan jauhkan kami dari siksaan neraka, (Al-Baqarah 2: 201).

"Allah Maha Tinggi menyebutkan dalam Alquran: ...dan saya tidak menciptakan jin dan manusia kecuali bahwa mereka harus menyembah saya..." (Adh-Dhariyat 51: 56)

Ini 5 tips mudah untuk memulai resolusi kita!

Gapai bintang-bintang! Bercita-citalah yang setinggi-tingginya!

Jadi memang tidak ada salahnya meraih kebaikan, baik secara material maupun spiritual. Yang paling penting adalah perlu dicatat bahwa semua resolusi, harapan, ambisi, mimpi, dan lainnya, sepenuhnya bergantung pada Allah Yang Maha Tinggi, Maha Bijaksana, untuk pemenuhannya.

Jadi membuat Dua (bertanya pada Allah Yang Maha Tinggi) adalah unsur yang paling penting jika ingin berprestasi. Ketika Dua untuk menggapai bintang, bertanyalah kepada Allah Yang Maha Tinggi bagaimana yang terbaik, dan memintalah agar segala sesuatunya berjalan dengan baik. Jangan tinggalkan apapun. Allah, Yang Maha Bijaksana, berrfirman : "Ajaklah Aku (dan bertanyalah kepada-Nya untuk apapun) Aku akan menanggapi permohonanmu (doa)..." (Al-Mumin 40: 60)

Hilangkan perbuatan dosa!

Sebagian besar bisnis menolak memberikan pinjaman, kepada debitur dengan catatan buruk atau debitur yang tidak mau bayar. Demikian juga dengan Allah, bagaimana kita dapat mengharapkan Allah Maha Tinggi untuk memberi kita kebaikan, jika kita terus-menerus berbuat dosa dan melanggar ajaran-Nya?

Untuk mendapatkan bantuan Allah Yang Maha Tinggi, kita perlu menghapus dosa dari kehidupan kita. Kita memang tidak sempurna dan sebagai manusia kita sering keliru, tapi setidaknya yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan ketulusan kita kepada Allah, adalah dengan menghilangkan semua bentuk dosa yang berasal dari kehidupan kita.

Allah adalah Ar-Rahman, Yang Maha Pengasih, dan Ar-Raheem, Maha Penyayang. Allah Yang Maha Tinggi mengingatkan kita akan kebesaran Pengampunan dan Rahmat-Nya, sehingga tidak ada yang akan putus asa karena banyaknya dosa yang telah diperbuatnya.

"Wahai hamba-hamba-Ku yang telah melanggar terhadap jiwa mereka sendiri, keputusasaan bukan karena rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni segala dosa. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang," (Az-Zumar 39: 53)

Jadikan Islam sebagai sebuah lingkaran yang lebih besar!

Sampai sekarang kita mungkin telah membuat materi kita (duniawi), sebagai hal Lingkaran yang lebih besar dalam hidup kita, ketimbang Deen (Islam) yang hanya menjadi Lingkaran kecil yang menempati tempat yang sangat kecil dalam Lingkaran duniawi yang lebih besar tadi. Sekarang kita harus memutuskan untuk membuat Deen (Islam) sebagai Lingkaran Lebih Besar dan buatlah segalanya sesuai dengan Lingkaran Besar. Jika ada hal yang tidak sesuai dengan Deen, tidak peduli apa pun kemungkinannya, tinggalkan!

Rasulullah SAW bersabda: Tidak seorang pun dari anda bisa menjadi seorang muslim sejati, kecuali keinginannya tunduk pada Deen (agama) yang telah saya bawa, (Hadits)

Tetapkan keinginan yang spesifik!

Meninggalkan niat kita samar dan umum, tentu tidaklah bijaksana. Kita harus buat tujuan khusus dan menetapkan target. Sampaikan setiap aspek kehidupan kita yang ingin kita tingkatkan, dan tetapkan target yang mudah dicapai. Jangan biarkan berakhir. Karena dia yang gagal pada rencananya, memang berencana untuk gagal!

Jadilah luas dan sistematis

Ya, buat daftar yang luas, realistis dan sistematis. Dedikasikan waktu bersama keluarga untuk membuat resolusi ini. Jadikan keluarga kita mengambil bagian dan ikut menentukan tujuan secara bersama. Selain itu, ada baiknya menuliskan maksud dan meninjau secara teratur niat tersebut dalam mencapai komitmen.

Akhirnya, resolusi yang paling penting adalah pastikan Pencipta alam semesta, Allah Yang Maha Tinggi menyukai kita. Jadi, apapun yang kita inginkan, lakukan, katakan, dan lainnya, harus bertujuan hanya untuk menyenangkan Tuhan kita!

Semoga Allah Yang Maha Tinggi membuat Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah ini, merupakan tahun yang sangat berharga bagi umat, dan semoga Dia memberikan kemudahan serta kelapangan kepada orang-orang yang menderita dan tertindas di seluruh dunia.

sumber : muslimvillage.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement