Jumat 15 Sep 2017 15:49 WIB

Prajurit Utsmaniyah Terakhir Penjaga Masjid al-Aqsha

Rep: mgrol98/ Red: Agung Sasongko
Masjid Al Aqsa
Masjid Al Aqsa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekhalifahan terakhir, Utsmaniyah menjelang keruntuhannya terpaksa menyisakan sedikit pasukan untuk melindungi situs suci di Palestina. Amanah yang sudah mereka emban ratusan tahun silam lepas karena seiring direbutnya Palestina oleh pasukan Inggris.

Lepasnya kota suci menyimpan kesedihan mendalam di kalangan warga Yerusalem. Termasuk, prajurit terakhir yang menjaga masjid suci. Awalnya, prajurit yang bernama Kopral Hasan tersebut dikira orang gila. Prajurit dari batalyon ke-36 ini diketahui pemandu wisata sering berdiri di puncak tangga Masjid al-Aqsha.

Seperti dilansir worldbulletin, Jumat (15/9), ia masih setia menunggu selama 57 tahun.  Kopral Hasan meminta bantuan untuk menemui Komandanya, yaitu Kapten Musa di Tokat Sanjak. “Cium tangannya untukku dan katakan padanya, Kopral Hasan dari Provinsi Iğdır tim ke-11 senapan mesin masih ada di pos yang anda perintahkan," kata dia.

Setelah beberapa tahun kemudian, Panglima Angkatan Darat memutuskan untuk memanggil Ilhan Bardakci seorang sejarahwan  untuk membantu menemukan prajurit mulia tersebut ketika mengetahui kejadian ini di televisi pemerintah Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement