Jumat 15 Sep 2017 13:31 WIB

Kalsel Konsisten Gelar Festival Anak Saleh Selama 13 Tahun

Anak perlu diajarkan untuk memiliki karakter seperti yang tertera dalam Alquran.
Foto: Antara
Anak perlu diajarkan untuk memiliki karakter seperti yang tertera dalam Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID,  KOTABARU -- PT Indocement Tunggal Prakarsa di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) konsisten menggelar Festival Anak Saleh (FAS) hingga 13 tahun terakhir.

Corporate Social Responsibility (CSR) Section Head Indocement H Nor Imansyah mengatakan, penyelenggaraan FAS 2017 ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-42 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan HUT ke-72 RI.

"FAS ke-13 ini merupakan kegiatan rutin yang berkelanjutan, hasil kerja sama CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun dengan MTs Nurul Musthafa Desa Sungai Kupang, Kecamatan Kelumpang Hulu," kata Nor, Jumat (15/9).

Diharapkan, kegiaan ini dapat mendorong siswa lebih berprestasi, sekaligus berkarakter kuat Islami, serta saleh dan salehah.

Ketua Panitia Pelaksana Rusman Maserani menuturkan, kegiatan FAS telah dimulai oleh Indocement sejak 2004. Menurutnya, pada FAS kali ini ada lima kegiatan yang diperlombakan, yaitu cerdas cermat tingkat SMP, baca Alquran tingkat SD dan SMP, puitisasi Alquran tingkat SMP, kaligrafi tingkat SD dan SMP, adzan tingkat SD dan SMP, dan mewarnai untuk TK.

"Pemenang FAS tingkat Kecamatan Kelumpang Hulu ini akan diikutsertakan pada FAS tingkat kabupaten. Misalnya, juara MTQ tahun lalu pernah ikut lomba tingkat kabupaten, bahkan provinsi," kata Rusman. "Mereka sangat antusias. Terbukti ada 200 peserta yang ikut, mereka berasal dari sekolah-sekolah di empat kecamatan. Yaitu Kelumpang Hulu, Kelumpang Hilir, Kelumpang Barat, dan Hampang."

Salah satu peserta Fitriyadi, pelajar kelas IX SMPN 1 Kelumpang Hulu mengatakan, dirinya sangat serius mengikuti lomba ini. "Saya berusaha belajar, memperbanyak baca buku, menguatkan ingatan atau hafalan untuk menjadi juara," kata peserta asal Desa Sidomulyo.

Senada peserta lainnya, Andrianor, pelajar kelas VIII A SMPN 1 Hampang, juga mengaku telah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba FAS ini.

Kepala Desa Sungai Kupang Sabrun Noor Patria menilai positif kegiatan FAS yang rutin digelar PT Indocement ini. "Kegiatan ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak-anak untuk meningkatkan prestasi. Juga menambah wawasan, khususnya di bidang keagamaan," katanya.

Plt Camat Kelumpang Hulu Samsudin menilai, penyelenggaraan FAS sangat bagus. "Tidak hanya diharapkan mencetak anak saleh dan berprestasi. Namun, tidak kalah penting adalah sejak dini anak-anak telah dididik untuk berani tampil, semangat dalam memperjuangkan nilai-nilai akidah Islami sehingga menjadi anak sholeh," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement