Sabtu , 12 August 2017, 14:50 WIB

Cerita Cupink Topan, Imam Gimbal Bersuara Mirip Syekh Sudais

Rep: Muhyiddin/ Red: Karta Raharja Ucu
Republika/Yogi Ardhi
Sofyan Alop alias Cupink Topan
Sofyan Alop alias Cupink Topan

REPUBLIKA.CO.ID, Apa yang terlintas di benak Anda ketika melihat seseorang berambut gimbal? Bisa jadi Anda akan mengira dia adalah musisi atau penyanyi beraliran reggae. Atau setidaknya, ia adalah sosok seniman yang nyentrik dan ingin tampil beda.

Tapi, bagaimana dengan pria berambut gimbal bernama Sofyan Alop? Meski dianugerahi suara merdu, pria yang membiarkan janggutnya ditumbuhi jenggot tebal itu bukanlah penyanyi reggae. Di luar dugaan, pria yang juga dikenal sebagai Cupink Topan ini justru memukau banyak orang ketika melafazkan ayat-ayat suci Alquran.

Pada Rabu (9/8) petang, pria yang akrab disapa Bang Topan ini bersilaturahim ke kantor Republika, Jakarta Selatan. Ia pun didaulat menjadi imam shalat di mushala lantai tiga kantor ini.

Setelah mengikat rambut gimbalnya ke belakang, Topan yang sore itu mengenakan celana jins dan kemeja lengan panjang pun mulai memimpin shalat Maghrib berjamaah.

Shalat pun terasa khusyuk dan syahdu. Surah al-Fatihah dan ayat-ayat Alquran lainnya dibacanya secara fasih, tartil, dan tentu saja merdu. Usai shalat, ia dengan ramah dan antusias berbincang dengan jamaah lain tentang agama dan Alquran.

Pria kelahiran Ambon ini memang telah belajar agama sejak kecil. Tak heran jika ia dapat membaca Alquran dengan baik.

Dibesarkan di Ternate, Maluku Utara, Topan mengatakan, setiap anak kecil di kampungnya memang harus bisa membaca Alquran. "Kalau kita nggak bisa baca Alquran, itu kita diajarkan keras untuk minimal kita dipukul," ujar pria asal Maluku berusia 35 tahun ini.

Suatu kali, kata Topan merawikan, ia pernah membolos mengaji kepada sang nenek. Akibatnya, ia pun dimarahi habis-habisan oleh orang tuanya.

Tak hanya mengaji, Topan kecil juga dituntut mampu menghafal Alquran, walau hanya beberapa ayat. Karena cintanya pada Alquran, ia tak puas hanya sekadar bisa membaca kitab suci umat Islam itu.

Maka, sejak bersekolah di sebuah SMK di Tidore jurusan akuntasi, ia pun belajar qiraah agar dapat melantunkan Alquran dengan benar dan indah. Sejak itulah, ia kerap didaulat mengimami shalat di sekolah.

"Biasanya shalat Zuhur dan Ashar," ujarnya.

Tamat SMK di Tidore, Topan melanjutkan pendidikan ke Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, karena sejumlah pertimbangan, ia tak menamatkan kuliahnya.

"Tapi dengan catatan saat itu, walaupun saya gagal di bidang pendidikan, tapi saya tidak mau gagal di bidang yang lain. Saya kemudian mencoba bikin mimpi yang jauh lebih besar," ujar Topan.

Pada awal 2006, ia mengawali babak baru kehidupannya. Ia hijrah ke Jakarta. "Waktu di Jakarta tidak ada satu pun teman yang saya tahu. Saya ke sini cuma nebeng doang dan modalnya berani," kata pria kelahiran 9 Desember 1982 ini.

Selain piawai membaca Alquran, Topan sejatinya juga memiliki pengetahuan yang cukup dalam bidang seni peran. Semasa kuliah di UIN Alauddin, Makassar, ia kerap tampil di panggung teater. Ia pun belajar banyak tentang teknik pernapasan, olah vokal, intonasi, aksi, reaksi, dan improvisasi.

Maka tak heran, ketika mengadu peruntungan di Jakarta, Topan terjun ke jagat seni peran. Misalnya, ia pernah bermain dalam film laga yang booming pada 2011, the Raid Redemption.

Sambil terus menekuni seni peran, Topan tak pernah lupa belajar agar dapat membaca Alquran lebih baik lagi. Ia pun belajar melalui Youtube dengan referensi beberapa qari internasional di antaranya Syekh Abdul Rahman al-Sudais.

Rupanya, Alquran membawa berkah buat dirinya. Berkat ayat-ayat Alquran yang dilantunkannya, nama Topan meroket tajam belakangan ini. Bukan karena menang lomba qiraah, tapi lantaran video di dunia maya yang menayangkan Topan sedang mengimami shalat di mushala Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Adalah salah seorang ajudan Gubernur Maluku yang merekam Topan kala itu. Tanpa sepengetahuan Topan, video itu pun lalu diunggah oleh akun Facebook bernama Iqchalcendony Obi.

Suara Topan yang melantunkan surah Jumu'ah dalam video itu memukau para netizen. Alhasil, video itu pun viral di media sosial karena telah jutaan kali ditonton dan dibagikan puluhan ribu kali.

"Nah, dari situ mulai viral, pertama saya nggak nyangka sih. Terus saya dapat informasi viral itu malah dari teman- teman," kata Topan.

Soal rambut gimbalnya, Topan mengatakan, hal itu semata-mata karena tuntutan profesi di jagat seni peran. Hingga saat ini, pria yang mengaku tak pernah mencicipi alkohol ini, masih banyak mendapatkan tawaran bermain film.

Ia pun akif di berbagai komunitas, khususnya yang terkait dengan olahraga. Misalnya, sedang sibuk berkegiatan di PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI).

Lantas, sudahkah ia berkeluarga? Soal yang satu ini, Topan mengaku belum menemukan wanita yang tepat untuk membangun rumah tangga dengannya.

Kendati demikian, jika suatu saat nanti berkeluarga dan mempunyai anak, Topan bertekad mendidik anaknya dengan baik sesuai ajaran Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

"Jangankan anak saya, orang lain saja mereka kan harus bisa baca Alquran. Karena itu sebenarnya pedoman. Pedoman yang akan menyelamatkan nanti di kemudian hari."