Senin , 17 Juli 2017, 17:15 WIB
Mengenal Ilmuwan Muslim

Kiprah Gemilang Cahit Arf

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
blogspot.com
Ilmuwan Muslim (ilustrasi).
Ilmuwan Muslim (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan karier Cahit Arf berawal sejak kepulangannya dari menimba ilmu di Paris, Prancis. Dia langsung mengajar matematika di SMA Galatasaray menggantikan seorang guru dari Prancis.

Awalnya, peraih penghargaan Com mandeur de Pales Academiques pada 1994 ini mengerjakan tugas mengajar dengan penuh idealisme. Dia hanya di bayar 60 lira per bulan, pa dahal guru yang digantikan nya dibayar 600 lira per bulan. Pekerjaan ter sebut ber tahan sela ma setahun.

Setelah itu, dia di ta wari posisi se bagai asisten profesor dan pada 1933, dia ber gabung dengan Departemen Matematika Universitas Istanbul.

Pada ma sa ini lah, Arf mene mukan kebun tuan da lam penguasaan matematika lalu memutuskan melan jutkan pendidik an nya dalam bidang ilmu eksakta ini. Ke ingin an terbesar nya pada masa itu ada lah membuat daftar per samaan aljabar atau persamaan aljabar Galois yang bisa dipecahkan. Capaian itu pernah dilakukan oleh Jordan, matematikawan terkemuka pada era itu, tapi sa yangnya temuannya tersebut tidak dapat dicerna dengan baik.

Bagi peraih gelar doktor kehormatan dari Universitas Teknik Laut Hitam, keinginannya tersebut adalah proyek besar dan belum mampu memecahkannya di Istanbul. Dia bertolak ke Universitas Gottingen, Jerman, pada 1937. Di kampus inilah dia sukses meraih gelar Phd di bawah bimbingan langsung Helmut Hasse pada 1938. Selain dibimbing Hasse, Arf juga bekerja sama dengan Josue Cruz de Munoz.

Dari kampus inilah, hasil disertasinya yaitu teorema Hasse Arf muncul. Dia memiliki waktu yang sulit saat menempuh pendidikannya kare na bertepatan dengan Perang Du nia II. Hasse me mintanya tetap tinggal selama satu tahun sambil menyelesai kan proyek nya. Kesabaran dan kegigihannya membuahkan hasil dengan tercetusnya invarian Arf.

Berkat pres ta sinya tersebut, Arf dipromosikan men jadi profesor pada 19 43 dan profesor or dinarus pada 1955. Selama pe rio de ini, dia meng ha biskan satu ta hun sebagai pro fe sor tamu di Univer sitas Ma ry land dan menja di ang gota Akademi Mainz.

Dewan Tubitak Setelah menyelesaikan pendidikan dok tornya, Arf kembali ke Universitas Istanbul dan bekerja di sana hingga 1962. Selama bekerja di Universitas Istanbul, dia terlibat dalam proyek yayasan berupa penelitian ilmiah dan teknologi (Tubitak) saat Pre siden Cemal Gursel memimpin. Dia dipilih sebagai Ketua Dewan Tubitak pada 1963. Dia bergabung dengan Departemen Mate ma tika Robert College di Istanbul.

Arf menghabiskan waktu dua tahun hingga 1966 untuk bekerja di Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey. Kemudian, dia mengunjungi Universitas Ka lifornia, Barkeley, selama satu tahun. Arf kembali ke Turki dan bergabung dengan Departemen Matematika Universitas Teknik Timur Tengah. Dia juga melanjutkan studinya di sana sampai pensiun pada 1980. Pada 1985 hingga 1989, dia men jabat sebagai presiden Masyarakat Matematika Turki.

Dia mendapatkan banyak penghargaan atas kontribusinya dalam bidang matematika. Tidak hanya penyematan gelar akademis, tetapi juga penyelenggaraan ke giatan berbasis matematika yang dide dikasikan untuknya. Karya-karya Arf juga banyak yang diterbitkan pada 1988 oleh Ma syarakat Matematika Turki. Simposium Internasional tentang Aljabar dan Teori Angka, misalnya, diadakan atas dasar peng hormatan Arf di Silivri pada Sep tember 1990. Pada 1984, konferensi tentang ring dan geo metri diadakan di Istanbul. Dia mem pre sentasikan makalah tentang keistimewaan konsep geometris dalam matematika.