Sabtu 01 Jul 2017 21:54 WIB

Lebaran Topat Digelar di Beberapa Lokasi di Lombok

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah .
 Warga berebut ketupat agung saat mengikuti Lebaran Topat atau Hari Raya Ketupat di kawasan Pantai Batu Bolong, Kec. Batu Layar, Lombok Barat, NTB, Rabu (13/7). (Republika/Yasin Habibi)
Warga berebut ketupat agung saat mengikuti Lebaran Topat atau Hari Raya Ketupat di kawasan Pantai Batu Bolong, Kec. Batu Layar, Lombok Barat, NTB, Rabu (13/7). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Masyarakat Lombok memiliki tradisi yang rutin digelar sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri, yakni Lebaran Topat.

Lebaran topat merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan masyarakat Sasak di Lombok. Lebaran topat dilaksanakan setelah umat Muslim selesai menunaikan puasa sunnah bulan Syawal, yaitu puasa selama enam hari berturut-turut setelah Idul Fitri.

Saat Lebaran Topat, Warga Lombok berbondong-bondong berziarah ke makam para penyebar agama Islam di Lombok. Lebaran Topat pada tahun ini akan diselenggarakan pada Ahad (2/7) besok.

Anggota Tim Percepatan Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Taufan Rahmadi mengatakan, tradisi Lebaran Topat dihelat hampir di seluruh penjuru di Bumi Seribu Masjid, mulai dari Kota Mataram hingga Kabupaten Lombok Utara.

"Di Mataram, lokasi Lebaran Topat rencananya akan dipusatkan di Makam Loang Baloq dan Makam Bintaro. Kabupaten Lombok Utara akan memusatkan Lebaran Topat di Pantai Beraringan, yang diisi perlombaan Dulang Ketupat atau rangkaian letupat dan kegiatan Begibung (makan bersama)," ujar Taufan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Mataram, Sabtu (1/7).

Untuk Kabupaten Lombok Tengah, prosesi Lebaran Topat diselenggarakan di Benang Stokel, Batukliang Utara. Sedangkan Lebaran Topat di Lombok Timur direncanakan digelar di Lapangan Taman Tugu Selong.

Untuk Lombok Barat, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat memilih Pantai Duduk di Kawasan Senggigi sebagai titik utama prosesi Lebaran Topat tahun ini.

Kepala Bagian Humas Lombok Barat Ahkam mengatakan, prosesi Lebaran Topat akan dimulai dengan doa dan zikir di Kantor Camat Batulayar. Kemudian, Bupati Lombok Barat Faozan Khalid akan ke Makam Batulayar untuk berziarah sebelum menuju Pantai Duduk.

"Puncak acaranya dipusatkan di Pantai Duduk," kata Ahkam, Sabtu (1/7).

Republika melihat kawasan Pantai Senggigi terlihat lebih ramai jelang Lebaran Topat. Di Pantai Duduk, sudah terlihat keramaian dengan adanya panggung utama serta baliho-baliho terkait prosesi Lebaran Topat.

Tak jauh dari lokasi puncak acara, terdapat bazar busana hingga kuliner yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berburu pakaian serta menikmati sajian kuliner lezat Lombok.

Tidak hanya di tempat-tempat yang telah disebutkan, sejumlah objek wisata lain yang ada di Lombok seperti Pantai Ampenan, Pantai Cemare, Taman Narmada, Suranadi, Pantai Malimbu, Pantai Nipah, Pantai Pandanan, hingga Pantai Kuta di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika akan dipadati ribuan orang untuk mengikuti prosesi Lebaran Topat dan berlibur bersama keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement