Senin 24 Apr 2017 12:30 WIB

Ciri Khas Masjid Kubah Batu

Dome of The Rock (Masjid Kubah Batu) di Yerusalem, Palestina.
Foto: theodora.com
Dome of The Rock (Masjid Kubah Batu) di Yerusalem, Palestina.

REPUBLIKA.CO,ID -- Seperti beberapa kubah tunggal lainnya yang berdiri di kompleks Masjid Kubah Batu, Kubah Nabi berbentuk segi delapan. Kubah setengah lingkaran ini ditopang delapan tiang yang terpancang ke tanah. Di antara tiang dan kubah terdapat tujuh lengkungan terbuka. Kubah tersebut dicat biru dan lengkungan terbukanya terbuat dari batu berwarna-warni: merah, hitam, dan putih. 

Tiangnya terbuat dari marmer abu-abu dan dikelilingi oleh batu-batu merah. Setelah itu, terdapat dinding rendah yang mengelilingi bagian dalam tiang serta sebuah sisi terbuka sebagai pintu masuk pengunjung. Di sana, para pengunjung dapat berdoa menghadap ke arah Makkah, kiblat umat Islam yang berada di sebelah selatan.

Kubah Nabi terletak di halaman Masjid Kubah Sakhrah. Masjid itu dibangun sekitar tahun 685 hingga 691 M. Kubah Sakhrah terletak di pusat kompleks trapesium Haram al-Syarif. Pembangunannya disponsori oleh seorang penguasa Muslim.

Arsitek yang berjasa dalam pembangunan masjid itu adalah Rija bin Haya dan Yazid bin Salim. Kubah ini sering disalahartikan sebagai masjid, padahal kubah ini bukanlah sebuah masjid, melainkan sebuah kompleks tempat terdapatnya batu besar yang dipakai Nabi Muhammad SAW menginjakkan kakinya sebelum menaiki burak menuju Sidratulmuntaha dalam peristiwa Mi'raj.

Terdapat delapan pintu masuk dengan gerbang melengkung di sekeliling Kubah Sakhrah. Sebelah selatan merupakan pintu masuk utama menuju kubah. Di sekeliling kubah terdapat beberapa kubah tunggal kecil dan sumur yang kebanyakan berada di sebelah barat.

Kubah berlapis emas tersebut memiliki tinggi hampir 35 meter dengan diameter 20 meter. Kubah ini berdiri di atas batu yang diyakini menjadi tempat Rasulullah berdiri sebelum peristiwa Isra Mi'raj. 

Di atas kubah terdapat replika bulan sabit yang menghadap ke utara dan selatan. Tubuh di sekeliling kubah berbentuk oktagonal dengan panjang sekitar 18 meter. Dinding bagian atasnya dilapisi marmer yang didominasi dengan warna biru, sedangkan di bagian bawahnya didominasi oleh marmer kekuningan dan putih. Hampir di seluruh bagian dindingnya dihiasi dengan kaligrafi Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement