Kamis , 20 April 2017, 10:06 WIB

50 Ribu Napi dari Seluruh Indonesia Khataman Alquran

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ilham
Ilustrasi mengaji.
Ilustrasi mengaji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 50 ribu narapidana seluruh Indonesia akan menggelar khataman Alquran bersama pada Kamis (20/4). Sejumlah narapidana itu tersebar di 450 lembaga pemasyarakatan dan rutan seluruh Indonesia.

"Acara hari ini adalah khataman Alquran bagi 50 ribu tahanan seluruh Indonesia," kata Kasubag Publikasi Humas Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Syarpani di Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta, Kamis (20/4).

Ia menjelaskan, kegiatan khataman Alquran bersama akan ditayangkan melalui videotron. Kegiatan ini juga akan dicatatkan dalam rekor MURI bahwa sebanyak 50 ribu narapidana mengaji sampai khatam Alquran secara bersama-sama seluruh Indonesia.

Syarpani menuturkan, inisiator Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menpora, menkumham, dan menrisrekdikti rencananya akan membuka khataman Alquran yang dipusatkan di Rutan Kelas I Cipinang secara nasional. Selain itu, Cak Imin juga mewakafkan Alquran sebanyak 10 ribu eksemplar.

Menurut Syarpani, menkumham menilai, kegiatan khataman Alquran sebagai implementasi revolusi mental sesuai Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016. Selain itu, menkumham berharap kegiatan itu menjadi titik balik warga binaan pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya yang menyesali perbuatan, menyadari kesalahan, bersedia memperbaiki diri, dan berjanji untuk tidak mengulangi kembali tindak pidana.

"Itu kan tujuannya. Nah Pak Dirjen Pas Pak I Wayan Kusmianto pun mengharapkan bahwa kegiatan ini akan berkelanjutan," ujarnya.


Berita Terkait